Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Selain Bangkok, Ini 7 Kota yang Pernah Berganti Nama di Dunia

Kompas.com - 19/02/2022, 09:25 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Belum lama ini pemerintah Thailad mengganti nama ibu kota negaranya Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Pengumuman itu disampaikan The Office of the Royal Society (ORST), sebuah lembaga independen yang ada di bawah pengawasan Perdana Menteri Thailand.

Krung Thep Maha Nakhon dijadikan nama resmi ibu kota Keeajaan Thailand, namun nama Bangkok tetap akan dipergunakan, dituliskan di dalam tanda kurung menjadi Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok).

Ternyata, ada beberapa kota atau ibu kota yang berganti nama di berbagai dunia.

Berikut ini sejumlah kota besar dunia yang pernah melakukan pergantian nama sama seperti Bangkok.

1. Ho Chi Minh

Pertama adalah kota terbesar dengan populasi penduduk tertinggi di Vietnam, Ho Chi Minh City.

Dikutip dari World Atlas, sebelum menjadi Ho Chi Minh, kota ini bernama Saigon. Perubahan itu terjadi pada 2 Juli 1976 setelah dilakukan penggabungan antara Saigon dengan Provinsi Gia Dinh.

Baca juga: Tak Hanya Bangkok, 7 Kota Ini Juga Sempat Berganti Nama, Mana Saja?

Nama Ho Chi Minh sendiri diambil dari nama seorang tokoh komunis di Vietnam. Meski sudah berganti nama, tetapi nama lama tetap digunakan secara luas oleh masyarakat dalam konteks informal.

2. Istanbul

Kedua adalah Kota Istanbul di Turki, sebuah negara yang tepat ada di perbatasan Benua Asia dan Eropa.

Sebelum disebut sebagai Istanbul, kota dengan penduduk terbanyak di Turki ini bernama Konstantinopel, bahkan sejarah awalnya kota ini bernama Byzantium.

Nama Byzantium digunakan pada 660 SM.

Kemudian, pada 330 SM, Byzantium dijadikan ibu kota Kekaisaran Romawi sisi timur oleh Constantine the Great, namanya berubah menjadi Constantinopolis atau Konstantinopel yang berarti Kota Konstantin.

Namun kini Konstantinopel telah berganti menjadi Istanbul. Banyak versi yang menerangkan asal muasalnya. Salah satunya adalah meyakini Istanbul berasal dari kata "Islambol" yang berarti "Kota Islam".

3. Mumbai

Selanjutnya adalah kota yang cukup terkenal di India selain New Delhi, yakni Mumbai. Siapa sangka, dulunya kota ini bernama Bombai sebelum akhirnya diganti pada November tahun 1955.

Mumbai sendiri berasal dari "Mumba," dewi pelindung yang disebut "Mumbadevi" sementara "i" adalah "ibu" dalam bahasa Marathi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com