Kecoak di Rumah Bisa Diatasi dengan Deterjen dan Gula, Ini Caranya

Kompas.com - 26/12/2021, 23:14 WIB

KOMPAS.com - Beberapa jenis hewan keberadaannya memang terasa mengganggu, terlebih jika berada di dalam rumah. Sebut saja adalah tikus dan kecoak.

Meski dampak merusaknya tidak sebesar tikus, selain mengganggu kecoak juga bisa membawa bibit penyakit. Tak hanya itu, kecoak sering kali dikaitkan dengan sesuatu yang kotor dan jorok.

Bagi Anda yang terganggu dengan kehadiran hewan yang satu ini, tentu sangat ingin membasminya. Cara termudah dan yang paling sering digunakan adalah menggunakan semprotan serangga.

Baca juga: Cara Membasmi Kecoak di Rumah Pakai Deterjen dan Gula

Hanya saja, kandungan kimia yang terdapat pada semprotan serangga bisa berbahaya apabila tidak hati-hati digunakan, terutama pada rumah yang banyak dihuni oleh anak-anak.

Namun, tak perlu khawatir. Sebab untuk membasmi kecoak, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tidak begitu berbahaya dan mudah didapat, yakni deterjen dan gula.

Ilustrasi deterjen.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen.

Cara membasmi kecoak dengan deterjen dan gula

Melansir Hunker, Kamis (23/12/2021), berikut ini adalah cara menggunakan deterjen dan gula untuk membasmi kecoak.

  • Campurkan deterjen dan gula

Langkah pertama adalah mencampurkan satu bagian deterjen dengan satu bagian gula di sebuah wadah. Wadah ini yang kemudian bisa menjadi umpan untuk menarik kecoak.

Baca juga: Tips Dapur Terhindar dari Hama Tikus, Kecoak, Semut dan Lalat

  • Tambahkan boraks

Agar lebih optimal, Anda bisa menambahkan sedikit boraks pada wadah umpan tersebut. Boraks biasanya digunakan untuk mengendalikan infestasi atau serangan kecoak. Gula digunakan untuk menarik kecoak ke umpan.

  • Tempatkan wadah umpan di sudut-sudut kecoak sering muncul

Langkah terakhir adalah tempatkan umpan di sudut-sudut atau bagian rumah di mana kecoak sering muncul, seperti di sekitar lemari dapur dan di bawah wastafel dapur di sekitar pipa, di sekitar tempat sampah dan setiap celah di rumah.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Basmi Kecoak yang Ada di Rumah

Sebagai catatan, Meskipun umpan ini cenderung tidak beracun, namun Anda harus tetap menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Ganti umpan sesuai kebutuhan sampai masalah kecoak di rumah Anda teratasi.

(Sumber:Kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.