Cara Ampuh Mengusir Lalat Buah dengan Bahan Dapur Sederhana

Kompas.com - 26/12/2021, 21:21 WIB

KOMPAS.com - Lalat buah yang berbentuk kecil-kecil memberi kesan tak berbahaya. Namun Anda tentu kesal melihat buah seperti pisang yang dikerubuti lalat buah lantaran sudah terlalu lama diletakkan di atas meja.

Setelah lelah mempertanyakan dari mana datangnya gerombolan lalat buah ini, sebaiknya Anda berfokus untuk menyingkirkannya dengan cepat.

Sayangnya, membasmi lalat buah cukup merepotkan karena hewan satu ini dengan cepat berpindah tempat dan kembali berkeliaran dengan bebas di sekitar dapur.

Artinya, Anda butuh cara lebih ampuh dalam membasmi lalat buah daripada sekadar menyemprotkan produk pengusir serangga.

Maka dari itu, membasmi lalat buah yang ada di rumah perlu dilakukan secara alami namun cukup dengan bahan-bahan sederhana di dapur.

Baca juga: Serba-serbi Hewan, Lalat Buah Lebih Agresif Saat Lapar

Alasan cuka sangat efektif untuk membasmi lalat buah

Profesor kimia dan biokimia Thomas Merritt dari Laurentian University menyarankan Anda menggunakan cuka apel.

Mengapa cuka apel? Alasannya, cuka apel adalah bahan yang sangat efektif dalam perangkap lalat buah buatan sendiri di rumah.

Lalat buah menggunakan sistem penciuman. Indera penciuman ini digunakan untuk mendeteksi hal-hal seperti asam asetat, yakni molekul yang memberi cuka rasa pedasnya.

"Jadi, Anda bisa memancing perangkap dengan buah, tapi cuka langsung mengejar dan memancing mereka masuk," tutur Merritt.

Baca juga: 6 Fungsi Cuka Apel untuk Keperluan Dapur, Jadi Bahan Pembersih Alami

Cara mengusir lalat buah dengan cuka apel

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (7/3/2021), berikut beberapa cara alami membasmi lalat buah dari rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.