Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecoak di Rumah Bisa Diatasi dengan Deterjen dan Gula, Ini Caranya

Meski dampak merusaknya tidak sebesar tikus, selain mengganggu kecoak juga bisa membawa bibit penyakit. Tak hanya itu, kecoak sering kali dikaitkan dengan sesuatu yang kotor dan jorok.

Bagi Anda yang terganggu dengan kehadiran hewan yang satu ini, tentu sangat ingin membasminya. Cara termudah dan yang paling sering digunakan adalah menggunakan semprotan serangga.

Hanya saja, kandungan kimia yang terdapat pada semprotan serangga bisa berbahaya apabila tidak hati-hati digunakan, terutama pada rumah yang banyak dihuni oleh anak-anak.

Namun, tak perlu khawatir. Sebab untuk membasmi kecoak, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tidak begitu berbahaya dan mudah didapat, yakni deterjen dan gula.

Cara membasmi kecoak dengan deterjen dan gula

Melansir Hunker, Kamis (23/12/2021), berikut ini adalah cara menggunakan deterjen dan gula untuk membasmi kecoak.

  • Campurkan deterjen dan gula

Langkah pertama adalah mencampurkan satu bagian deterjen dengan satu bagian gula di sebuah wadah. Wadah ini yang kemudian bisa menjadi umpan untuk menarik kecoak.

  • Tambahkan boraks

Agar lebih optimal, Anda bisa menambahkan sedikit boraks pada wadah umpan tersebut. Boraks biasanya digunakan untuk mengendalikan infestasi atau serangan kecoak. Gula digunakan untuk menarik kecoak ke umpan.

  • Tempatkan wadah umpan di sudut-sudut kecoak sering muncul

Langkah terakhir adalah tempatkan umpan di sudut-sudut atau bagian rumah di mana kecoak sering muncul, seperti di sekitar lemari dapur dan di bawah wastafel dapur di sekitar pipa, di sekitar tempat sampah dan setiap celah di rumah.

Sebagai catatan, Meskipun umpan ini cenderung tidak beracun, namun Anda harus tetap menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Ganti umpan sesuai kebutuhan sampai masalah kecoak di rumah Anda teratasi.

(Sumber:Kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/12/26/231400581/kecoak-di-rumah-bisa-diatasi-dengan-deterjen-dan-gula-ini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke