Benarkah Penyintas Covid-19 Punya Kekebalan Super?

Kompas.com - 28/11/2021, 21:05 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 Ilustrasi pasien Covid-19

KOMPAS.com - Pasien infeksi virus Corona yang telah sembuh atau biasa disebut penyintas Covid-19 diyakini memiliki kekebalan tubuh lebih kuat, terutama setelah vaksinasi.

Antibodi penyintas Covid-19 yang telah menerima vaksin dosis pertama setara dengan orang yang belum pernah terinfeksi dan telah menerima vaksin dosis lengkap.

Kekebalan atau super-immunity (kekebalan super) milik penyintas Covid-19 itu disebut hybrid immunity (kekebalan hibrida) oleh para ilmuwan.

Dilansir dari Nature melalui KOMPAS.com, para peneliti telah memperhatikan respons vaksin terhadap penyintas Covid-19.

Ahli imunologi dari Universitas Pennsylvania yang mempelajari super-immunity atau hybrid immunity, Rishi Goel mengatakan, penyintas Covid-19 memiliki kekebalan tubuh lebih tinggi daripada orang yang telah menerima vaksin dosis lengkap.

"Kami melihat, kadar antibodi penyintas Covid-19 lebih tinggi dari orang yang divaksin lengkap," kata Goel.

Baca juga: Mengapa Covid-19 Terus Memunculkan Varian Baru?

Menurut penelitian awal tentang hybrid immunity, antibodi pada darah penyintas Covid-19 lebih mampu menetralkan varian virus Corona yang bisa menghindari respons imun.

Para ilmuwan melakukan penelitian tersebut kepada orang yang belum pernah terinfeksi namun sudah menerima vaksin Covid-19.

Sementara itu, studi terbaru menunjukkan, sebagian hybrid immunity dihasilkan dari salah satu antibodi yang disebut sel B memori.

Hasil studi itu menyebut, setelah terinfeksi virus Corona dan vaksinasi muncul sel berumur pendek yang diberi nama plasmablas. Sel ini lah yang membentuk sebagian besar antibodi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.