Penjual Ditagih Pajak Rp35 Juta, Ini Kata Ditjen Pajak dan Shopee

Kompas.com - 28/11/2021, 20:49 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.COM/Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

KOMPAS.com - Belum lama ini masyarakat dikejutkan dengan cerita seorang penjual online di marketplace Shopee yang menerima surat di tagihan pajak sebesar Rp 35 juta.

Penjual tersebut mengaku tidak tahu bahwa aktivitas berjualan secara online dikenakan pajak.

Cerita yang viral di media sosial itu diunggah akun @txtdarionlshop di media sosial Twitter. Unggahan itu pun telah disukai sebanyak 20.700 kali dan dibagikan sebanyak 5.684 kali oleh netizen hingga Kamis (25/11/2021) siang.

Tanggapan Ditjen Pajak

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Neilmaldrin Noor mengatakan, surat dengan kop dari DJP yang dilampirkan dalam unggahan tersebut bukanlah surat tagihan pajak.

Neilmaldrin menjelaskan, surat yang beredar di media sosial itu adalah surat permintaan klarifikasi dan imbauan pelaksanaan kewajiban perpajakan.

"Surat yang ada di medsos itu adalah surat permintaan klarifikasi dan imbauan pelaksanaan kewajiban perpajakan," kata Neilmaldrin.

Baca juga: Viral Pelanggan Shopee Beli HP Xiaomi tapi Terima Kardus Kosong, Ini Tanggapan Shopee dan Xiaomi

"Jadi sifatnya memberi hak menjelaskan kepada Wajib Pajak, bukan tagihan," terangnya.

Menurut Neilmaldrin, surat tersebut dikirim karena Wajib Pajak yang menerimanya belum melaksanakan kewajiban perpajakan, baik dari kegiatan berjualan di e-commerce maupun yang lainnya.

Neilmaldrin menjelaskan, DJP mengenakan pajak atas UMKM kepada penjual, baik yang berniaga di e-commerce atau toko ritel sebesar 0,5 persen dari penghasilan bruto.

Besaran pajak tersebut pun berlaku jika penghasilan bruto penjual belum melebihi Rp 4,8 miliar per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.