Kenapa Kucing yang Berahi Selalu Berisik?

Kompas.com - 28/11/2021, 20:37 WIB
Ilustrasi kucing. PIXABAY/KLIlustrasi kucing.

KOMPAS.com - Memahami perilaku dan kebiasaan kucing menjadi hal yang penting bagi para pemilik hewan berbulu ini.

Dengan mengenali dan memahami kebiasaan hewan peliharaannya tersebut, para pecinta kucing akan lebih tahu mengenai cara memperlakukan kucing-kucing kesayangannya.

Salah satu perilaku kucing, yang mungkin belum banyak dipahami, adalah kebiasaannya mengeluarkan suara berisik saat berahi. Kebiasaan ini pun kerap dianggap mengganggu oleh sebagian orang.

Dilansir dari My Animals melalui Kompas.com, Kamis (18/11/2021), kucing kawin selalu mengeluarkan suara yang sangat berisik karena ini adalah bagian dari ritual berpasangan mereka.

Melalui suara tersebut, kucing jantan dan betina menyatakan bahwa mereka siap untuk kawin.

Setelah itu, jika betina sedang berahi, dia akan mengizinkan kucing jantan untuk menaikinya. Dia akan melakukan posisi "lordosis", yakni mengangkat sedikit bagian belakang tubuhnya dan menjatuhkan perutnya ke lantai.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Kucing Jawa

Dengan posisi ini, kucing jantan akan melakukan penetrasi ke kucing betina. Perkawinan kucing rata-rata memakan waktu sekitar 19 menit. Namun, ada juga yang membutuhkan waktu antara 11 hingga 95 menit.

Jantan yang lebih berpengalaman memiliki hingga 10 koitus dalam satu jam. Sementara itu, betina dapat kawin hingga 50 kali selama setiap periode panas.

Kucing betina dapat kawin dengan beberapa ekor kucing jantan. Dengan demikian, kucing betina mungkin memiliki anak dari jantan yang berbeda.

Kematangan seksual kucing

Kucing termasuk hewan yang mencapai kematangan seksual sangat awal. Anak kucing betina mencapai kematangan seksualnya saat berusia lima hingga 9 bulan, sementara itu, jantan membutuhkan waktu lebih lama.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.