5 Tips Mudah Cegah Demensia

Kompas.com - 28/11/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah mobil Mercy terekam video berjalan melawan arah di Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR). Video rekaman ini pun viral di media sosial.

Belakangan diketahui bahwa si pengemudi yang berinisial MSD (66) ini diduga mengalami demensia karena tidak mengingat sama sekali tentang apa yang telah dilakukannya.

Hal ini diungkapkan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono.

"Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi demensia, atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir dan mengingat," ujar Argo saat dihubungi, Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Kronologi Mercy Lawan Arah di Jalan Tol, Pengemudi Diduga Pikun

Akibatnya, mobil yang dikendarai MSD menabrak dua mobil di KM 53 yang melintas di jalur arah Rorotan menuju Cikunir.

Kedua mobil itu adalah Honda Mobilio yang dikendarai NB (38) dan Kijang Innova yang dikendarai R (30).

Dari peristiwa tersebut, dapat disimpulkan bahwa demensia bukan penyakit yang bisa disepelekan. Hal itu karena bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bermula dari demensia.

Apa itu demensia?

Mengutip dari laman CDC, Demensia bukanlah penyakit spesifik, namun ia adalah istilah umum untuk gangguan kemampuan mengingat, berpikir atau membuat keputusan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Adapun penyakit Alzheimer merupakan jenis demensia yang paling umum. Demensia kebanyakan mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, akan tetapi demensia bukan suatu tanda penuaan yang normal.

Demensia tidak bisa disebut sebagai hal normal terjadi pada usia tua, hal ini karena ada banyak orang dewasa yang lebih tua yang tak mengalami demensia.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mencegah Demensia

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.