Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi Jika Kucing Menangkap dan Memakan Kecoak?

Kompas.com - 18/06/2022, 17:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa kucing sangat lincah sehingga memungkinkan kucing suka berburu mengejar dan menangkap kecoak hingga tidak ada hama lagi di rumah.

Dilansir dari The Nest, Rabu (15/6/2022), kucing domestik memiliki naluri berburu yang sama dengan sepupu singanya, namun tidak akan memakannya.

Kucing berburu untuk bersenang-senang dan memberikan hadiah untuk Anda. Kucing akan duduk di belakang sofa, sangat puas, ketika tiba-tiba dia menangkap gerakan sekecil apa pun dari sudut matanya, misalnya seekor kecoak.

Kucing mungkin hanya akan bermain-main dengan kecoak, tetapi jika dia penasaran, dia mungkin akan menggigitnya. Kecoak seharusnya tidak membahayakan kucing, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kucing bisa mengalami masalah

Baca juga: Ketahui, 6 Masalah Kesehatan Ini Sering Menyerang Kucing Peliharaan

Kecoak memiliki eksoskeleton, lapisan tebal seperti tulang rawan di bagian luar tubuh mereka, bukan tulang.

Perasaan berderak yang Anda dapatkan saat menginjak kecoak, atau suara gertakan saat kucing mengunyahnya, berasal dari penghancuran kerangka luar.

Fragmen-fragmen ini bisa menjadi kasar pada saluran pencernaannya yang rapuh, membuatnya memuntahkan potongan-potongan itu daripada membuangnya melalui kotorannya.

Selain itu, karena potongan-potongan ini agak keras, mereka bisa tersangkut di tenggorokannya jika dia tidak mengunyah dengan seksama sebelum menelan.

Perhatikan tanda-tanda tersedak atau kesulitan bernapas jika dia menggerogoti kecoak. Batuk atau tersedak mungkin mengharuskan Anda membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin.

Lebih lanjut, Mike Richards, dokter hewan yang berpraktik di Virginia, mengatakan bahwa kecoak umumnya tidak beracun.

Namun, ada ribuan jenis kecoak, dan apa yang tampak seperti kecoak mungkin sebenarnya adalah serangga lain.

Jika Anda memiliki investasi atau jika Anda melihat beberapa kecoak mengintai, cobalah untuk menangkapnya.

Anda dapat meminta bantuan jasa pembasmi hama untuk memeriksanya untuk memastikan itu hanya kecoak yang tidak beracun dan bukan sesuatu yang lebih berbahaya.

Racun yang mengintai kucing

Baca juga: Berbahayakah jika Kucing Menangkap dan Memakan Kecoak?

Mengunyah kecoak mungkin tidak akan menyebabkan kerusakan besar pada kucing, tetapi racun jelas merupakan masalah. Jika ada kecoak di rumah Anda, berhati-hatilah dengan semprotan atau perangkap yang dirancang untuk membunuh makhluk ini.

Kucing Anda mungkin menelan beberapa racun, yang dapat merusak kesehatannya. Bahkan, jika Anda tidak memiliki produk ini di rumah Anda, tetangga Anda mungkin memilikinya di garasinya.

Ketika kucing berburu di sana, dia bisa bersentuhan dengan bahan kimia itu. Meninggalkan kucing kesayangan Anda di dalam ruangan membuatnya tetap aman.

Jika Anda harus menggunakan semprotan atau perangkap kecoak, pilih varietas yang berlabel tidak beracun atau ramah hewan peliharaan.

Sumber: Kompas.com (Penulis Aniza Pratiwi | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com