Aturan Terbaru Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Kompas.com - 27/11/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi TokopediaIlustrasi

KOMPAS.com - Tokopedia baru saja mengumumkan aturan baru pembatalan pesanan yang terkait dengan layanan bebas ongkos kirim.

Ada banyak faktor yang membuat konsumen membatalkan pesanannya di e-commerce, mulai dari salah mencantumkan alamat, barang yang dikirim tidak sesuai, dan lain-lain.

Meskipun barang telah dalam proses pengiriman, namun pemesanan memang masih bisa dibatalkan.

Permintaan pembatalan bisa dilakukan minimal tiga jam setelah pembayaran terverifikasi, namun dengan persetujuan dari penjual.

Jika disetujui, dana akan dikembalikan sesuai metode pembayaran yang dipilih sebelumnya, baik itu ke saldo refund, GoPay, atau limit kartu kredit. Selanjutnya, dana refund bisa digunakan untuk melakukan transaski berikutnya di Tokopedia.

Baca juga: Cara Cek Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2021 di cpns.kemenkumham.go.id

Estimasi waktu pengembalian dana pun berbeda-beda, bergantung metode bayar dan refund. Pembayaran dengan metode transfer bank akan dikembalikan secara real-time, sama seperti metode pembayaran dengan Tokopoints, atau Kredivo.

Sementara itu, untuk penggunaan kartu kredit dan debit online, waktu refund bisa mencapai 14 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Jika pesanan dibatalkan, dana akan dikembalikan secara penuh. Akan tetapi, jika pembelian menggunakan voucher promo atau potongan harga lainnya, dana yang dikembalikan akan dikurangi diskon yang digunakan.

Saat ini, pengguna Tokopedia harus menetapkan pilihan dengan matang sebelum benar-benar memesan suatu barang, sebab jika pengguna membatalkan pesanan, layanan gratis ongkir yang diberikan akan hangus.

Dilansir dari situs resmi Tokopedia melalui KOMPAS.com, pembeli yang melakukan pembatalan pesanan atau melakukan refund (pengembalian dana) atas barang yang telah dikirim, maka layanan gratis ongkir akan hangus.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 Fitur Baru Instagram

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.