Apa Itu Self Healing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Kompas.com - 27/11/2021, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Istilah self healing kian banyak diperbincangkan dalam beberapa waktu belakangan ini, terutama di media sosial. Self healing diidentikan dengan upaya untuk memulihkan kondisi diri dari luka psikologis di masa lalu.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud self healing?

Pada dasarnya, self healing adalah proses penyembuhan luka batin atau mental yang disebabkan oleh berbagai hal.

Luka batin yang dimaksud bisa gangguan psikologis, trauma, pengalaman buru, atau kejadian lainnya yang dapat berdampak buruk pada kondisi emosional.

Berbeda dengan luka fisik, luka batin atau psikologis tidak terukur secara jelas masa penyembuhannya.

Penyembuhan luka psikologis untuk mengatasi pengalaman tidak mengenakan, misalnya seperti patah hati atau kejadian traumatis, memang bukan hal yang mudah.

Baca juga: Psikolog Unair: Cara Terbaik Self Healing untuk Sembuhkan Luka Batin

Mengutip berita Kompas.com (13/7/2021), self healing menurut Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Primatia Yogi Wulandari, adalah salah satu teknik atau intervensi yang dilakukan ketika muncul masalah/gangguan psikologis.

Sehingga, self healing dibutuhkan ketika dirasa ada pikiran atau perasaan yang cukup mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari.

“Misal, ketika kita merasa segala sesuatu menjadi membosankan; sering kehilangan konsentrasi; atau merasakan kecemasan yang kadang tidak jelas sumbernya. Bisa juga kita mendeteksinya dari sinyal tubuh yang sifatnya fisik, seperti mudah lelah; sering ada keluhan fisik namun tidak ada penyebab yang jelas; atau sulit tidur,” ujar Primatia.

Tujuan self healing

Self healing bertujuan untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang terjadi. Karena itu, self healing bukan hanya menyembuhkan pikiran dan jiwa tetapi juga tubuh kita.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.