Kompas.com - 13/07/2021, 08:21 WIB
Ilustrasi yoga Ilustrasi yoga

KOMPAS.com - Mengalami luka batin, jangan lama-lama untuk dipendam. Perlu adanya upaya untuk mengatasi luka batin atau self healing.

Pada dasarnya, self healing adalah upaya penyembuhan luka batin. Meski berbagai cara telah ditempuh, terkadang tak semua luka berakhir sembuh. Lantas, bagaimana idealnya self healing dilakukan?

Mengenai hal itu, Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Primatia Yogi Wulandari,  memberikan penjelasan jika self healing sebenarnya merupakan salah satu teknik atau intervensi yang dilakukan ketika muncul masalah/gangguan psikologis.

Jadi, self healing dibutuhkan ketika dirasa ada pikiran atau perasaan yang cukup mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari.

Baca juga: Dokter Mata: 6 Tips Jaga Kesehatan Mata Anak Selama Belajar Daring

“Misal, ketika kita merasa segala sesuatu menjadi membosankan; sering kehilangan konsentrasi; atau merasakan kecemasan yang kadang tidak jelas sumbernya. Bisa juga kita mendeteksinya dari sinyal tubuh yang sifatnya fisik, seperti mudah lelah; sering ada keluhan fisik namun tidak ada penyebab yang jelas; atau sulit tidur,” ujarnya dilansir laman Unair. 

Dari bentuk aktivitas, self healing dapat dilakukan dalam berbagai macam cara. Seperti relaksasi melalui pernafasan, kontemplasi dengan meditasi atau yoga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serta menciptakan emosi positif yang akan berdampak terhadap munculnya endorfin atau hormon bahagia.

Selain itu, art-therapy juga dapat dijajal. Individu dapat menggunakan seni untuk melepaskan dan mengekspresikan emosinya.

Ia mengungkapkan, manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan proses penyembuhan secara alamiah.

Meski demikian, ada orang-orang yang agak sulit untuk melakukan proses penyembuhan sendiri.

Baca juga: Beasiswa S2 di PPM School Jakarta 2021, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.