Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNY Bentuk Relawan Dampingi Siswa yang Kesulitan Belajar

Kompas.com - 12/07/2021, 15:23 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah setahun lebih satuan pendidikan memberlakukan pembelajaran secara daring karena adanya pandemi Covid-19.

Mengikuti pembelajaran daring memiliki banyak tantangan baik bagi guru, siswa maupun orangtua.

Salah satu tantangan pembelajaran online yakni tingkat pemahaman siswa terhadap materi belajar yang dinilai kurang. 

Guru memberikan tugas kepada siswa, tapi sebagian besar siswa kurang bisa memahami materi pelajaran. Terlebih bagi siswa Sekolah Dasar (SD).

Baca juga: Sekolah Boleh Lakukan PTM Terbatas, asal Terapkan Hal Ini

Dampingi siswa belajar

Hal tersebut menggugah mahasiswa yang tergabung dalam Departemen Pengabdian kepada Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menginisiasi program Relawan Belajar MIPA (RBM).

Alfanin Ulya dari BEM FMIPA menjelaskan, tujuan RBM ini untuk membantu siswa SD hingga SMA sederajat yang mengalami kesulitan belajar selama masa pandemi Covid-19.

Dia dan teman-temannya di BEM FMIPA melakukan pembimbingan atau konsultasi mengenai tugas atau materi yang kurang dipahami melalui Whatsapp.

Baca juga: Pandemi Covid-19, UGM Siapkan Psikolog Dampingi Nakes dan Keluarga

Dampingi 164 siswa dari berbagai daerah

Untuk mata pelajaran yang ditawarkan yaitu pelajaran Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPA, dan Bahasa Inggris.

"RBM#1 2021 kali ini dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan dari bulan April hingga Juni dan telah menjangkau partisipasi sebanyak 37 tentor yang merupakan mahasiswa aktif FMIPA UNY dan 164 siswa dari berbagai daerah di Indonesia," kata Alfanin Ulya seperti dikutip dari laman UNY, Senin (12/7/2021).

Mayoritas siswa yang mengikuti program ini berasal dari pulau Jawa, yang terjauh dari Kalimantan Timur. Peserta terbanyak adalah siswa dari jenjang SMA.

"Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kami dalam rangka membantu usaha pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkap Alfanin.

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19, Dirjen Pendis Ajak Perbanyak Pray From Home

Dia menambahkan, melalui kegiatan ini juga sebagai perwujudan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam membantu para siswa yang kesulitan dalam mengikuti belajar online karena adanya pandemi Covid-19.

Banyak siswa merasa terbantu

Banyak siswa yang mengaku terbantu dengan adanya program RBM#1 2021 kali ini. Salah satu siswa peserta RBM Hilwa mengaku sangat bersyukur bisa mempunyai kesempatan ikut program RBM ini.

Baca juga: Propan Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1

Dia mengakui, awalnya tidak paham sama pelajaran sama sekali. Namun setelah mendapat pendampingan program RBM, dia akhirnya bisa mengerti konsep materi dengan jelas.

"Kakak tentornya juga baik-baik banget, mereka itu ramah, fast respon, dan dengan senang hati selalu menjawab pertanyaan kita," tutur Hilwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com