Benarkah Makan Malam Dapat Membuat Gemuk?

Kompas.com - 21/11/2021, 22:31 WIB

KOMPAS.com - Makan malam sering kali dianggap sebagai penyebab kegemukan. Akibatnya, tidak sedikit orang yang menghindari makan malam agar tidak mengalami kenaikan berat badan.

Padahal faktanya, naiknya atau turunnya berat badan dipengaruhi dengan apa dan berapa banyak sesuatu yang kita makan serta berapa banyak aktivitas fisik yang kita lakukan sepanjang hari, menurut situs Jaringan Informasi Kontrol Berat Badan Departemen Pertanian AS (USDA).

Melansir Healthline via Kompas.com, anggapan bahwa makan malam bisa menyebabkan kenaikan berat badan berakar dari beberapa studi terhadap hewan.

Dalam studi yang dilakukan terhadap hewan, ditemukan hasil bahwa tubuh mungkin menggunakan kalori yang diasup secara berbeda di waktu tertentu.

Baca juga: Apakah Makan Malam Bisa Bikin Gemuk? Begini Penjelasannya

Beberapa hipotesis peneliti menyebutkan bahwa makan malam berlawanan dengan ritme sirkadian, jam internal tubuh yang mengatur waktu tidur, bangun, dan makan.

Menurut ritme sirkadian, malam adalah waktunya istirahat, bukan makan. Namun, yang perlu diketahui adalah, belum ada studi terhadap manusia yang mendukung temuan ini.

Karena itu, faktor terpenting adalah bukan waktu kita makan, melainkan apa yang kita makan. Jika total asupan kalori harian tidak melebihi kebutuhan, kemungkinan kita tidak mengalami kenaikan berat badan meskipun makan malam.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang menyebabkan makan malam bisa bikin gemuk dan hal ini perlu menjadi perhatian.

Makan malam bikin gemuk?

Kendati waktu makan tidak secara langsung berpengaruh pada kenaikan berat badan seseorang, terdapat sejumlah faktor yang membuat makan malam dapat menyebabkan badan menjadi gemuk, di antaranya:

  • Cenderung makan berlebih

Saat makan malam, sebagian orang mungkin cenderung makan secara berlebih. Inilah yang dapat menyebabkan berat badan naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.