Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 di Eropa Makin Mengkhawatirkan, WHO Sebut karena Ada Varian Delta dan Rendahnya Vaksinasi

Kompas.com - 21/11/2021, 21:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kasus infeksi Covid-19 di benua Eropa kini terus melonjak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut situasi Covid-19 di Eropa menjadi sangat mengkhawatirkan.

Direktur Regional WHO Eropa Hans Kluge kepada BBC mengatakan, kematian akibat Covid-19 di Eropa bisa mencapai lebih dari 500.000 orang apabila tidak ada tindakan segera untuk menekan penularan Covid-19.

Menurut Kluge, salah satu upaya yang dapat membantu menurunkan gelombang infeksi Covid-19 di Eropa adalah peningkatan pemakaian masker, sebagaimana dilansir dari BBC, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: WHO: Situasi Covid di Eropa Mengkhawatirkan

 

Situasi genting di Eropa terkait virus corona ini ditandai dengan lonjakan tinggi kasus Covid-19 dilaporkan terjadi di sejumlah negara di benua biru.

Beberapa negara kini telah memberlakukan pembatasan baik itu lockdown penuh maupun parsial.

Kluge mengatakan, sejumlah faktor yang menyebabkan lonjakan Covid-19 di Eropa seperti musim dingin, rendahnya vaksinasi, dan dominasi varian Delta.

Karena itu, Kluge menyerukan peningkatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk membantu memerangi lonjakan kasus Covid.

“Covid-19 sekali lagi menjadi penyebab kematian nomor satu di wilayah kami,” kata Kluge kepada BBC.

Lebih lanjut, dia menambahkan, diperlukan tindakan segera untuk memerangi Covid-19 di Eropa. Kluge menuturkan, mandat vaksinasi wajib harus dilihat sebagai upaya terakhir.

“Sebelum itu, ada cara lain seperti Covid pass,” katanya.

Baca juga: WHO Ungkap Syarat yang Harus Dilakukan agar Pandemi Covid-19 Berakhir

Vaksin Covid-19 ditawarkan di salah satu bangunan ikonik Austria, Katedral St Stephan, di pusat ibu kota Wina, Jumat (13/8/2021). Papan tanda di kiri bertuliskan, Arah sini menuju pusat vaksinasi.AP PHOTO/LISA LEUTNER Vaksin Covid-19 ditawarkan di salah satu bangunan ikonik Austria, Katedral St Stephan, di pusat ibu kota Wina, Jumat (13/8/2021). Papan tanda di kiri bertuliskan, Arah sini menuju pusat vaksinasi.

Austria wajibkan vaksinasi Covid-19

Salah satu negara yang mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19 adalah Austria. Sebagai upaya penekanan penyebaran virus corona, pada Jumat (19/11/2021), Austria mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi warganya.

Ini menjadikan Austria sebagai negara Eropa pertama yang mengumumkan bahwa vaksinasi Covid-19 akan menjadi wajib.

Aturan baru tersebut akan mulai berlaku pada Februari karena rincian tentang pelaksanaan tindakan tersebut masih dibahas.

Selain itu, Austria juga mengumumkan lockdown nasional. Langkah-langkah tersebut diambil sebagai tanggapan atas lonjakan kasus Covid-19 dan rendahnya tingkat vaksinasi.

Baca juga: Situasi Covid Eropa: Austria Lockdown, Jerman Batasi Ketat Orang yang Tak Divaksin

Kanselir Austria Alexander Schallenberg mengatakan itu adalah keputusan yang sulit. Namun, menurutnya, tindakan tersebut perlu agar bisa keluar dari “lingkaran setan” yang sedang dihadapi negaranya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com