Daftar Alutsista yang Dibeli Prabowo Selama Menjabat Menhan RI

Kompas.com - 21/11/2021, 22:08 WIB


KOMPAS.com - Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto telah membeli sejumlah alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Belum lama ini, Prabowo Subianto diketahui baru saja memesan dua pesawat Airbus A400M yang memiliki konfigurasi multiperan yaitu angkut dan tanker.

Menurut keterangan tertulis Airbus, jumlah operator pesawat A400M bertambah menjadi sepuluh negara setelah kontrak dengan Indonesia berjalan pada 2022.

Dalam kontrak tersebut terdapat beberapa kesepakatan, termasuk paket perawatan dan pelatihan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (19/11/2021), berikut ini sejumlah alutsista yang dibeli Prabowo Subianto selama menjabat sebagai Menhan:

Baca juga: Ketua GP Ansor: Jokowi Tahu Mana Menteri yang Bisa Kerja, Mana yang Tidak

1. Maung buatan PT Pindad

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menhan untuk membeli alutsista buatan dalam negeri, Prabowo pun langsung memesan 500 unit kendaraan taktis (rantis) 4x4 buatan PT Pindad.

Jenderal TNI Andika Perkasa yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menerima 40 unit Maung yang diserahkan Prabowo untuk menunjang alutsista TNI.

Prabowo menyerahkan rantis Maung saat penyelenggaraan Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang digelar pada 11 Januari 2021 sampai 13 Januari 2021 di Jakarta.

Maung dirancang memiliki kemampuan modular yang berfungsi untuk menjadi berbagai varian operasi.

Maung juga memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

Baca juga: Survei Capres 2024: Prabowo dan Ganjar Imbang, Anies Posisi Ketiga

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.