Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Dari Piranha hingga Belut Listrik

Kompas.com - 20/11/2021, 15:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Sungai Amazon merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Bahkan bila dilihat dari lebarnya, Sungai Amazon merupakan sungai terlebar di dunia.

Saat musim kemarau, titik terlebar Sungai Amazon adalah 11 kilometer. Sedangkan ketika musim hujan lebar sungai ini bisa mencapai 40 kilometer.

Sungai yang terletak di benua Amerika ini membentang luas melewati enam negara, yaitu Brazil, Peru, Columbia, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela.

Baca juga: 7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Piranha hingga Anaconda Hijau

Maka dari itu, tak heran Sungai Amazon menjadi habitat alami bagi banyak jenis hewan. Dilansir dari World Atlas via Kompas.com, berikut ini adalah tujuh jenis hewan yang hidup di Sungai Amazon.

1. Ikan Piranha

Piranha merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai, danau, dan dataran banjir Amerika Selatan, termasuk Sungai Amazon.

Ikan piranha terkenal dengan keganasannya dan memiliki gigi yang tajam. Kendati begitu, piranha ternyata juga bisa memakan tumbuh-tumbuhan.

Di antara semua ikan bertulang, ikan piranha memiliki gigitan yang paling kuat. Beberapa laporan terkait serangan ikan piranha menyebut ikan ini dapat memberikan luka ringan hingga berat.

Ilustrasi belut listrik. iflscience Ilustrasi belut listrik.

2. Belut listrik

Selanjutnya ada belut listrik. Belut listrik atau Electrophorus electricus ini memiliki tubuh berbentuk silinder yang bisa tumbuh panjang hingga 2 m.

Belut listrik memiliki ciri warna coklat tua keabuan di punggungnya. Sedangkan pada perutnya, belut listrik memiliki warna kuning hingga oranye.

Listrik yang dihasilkan oleh hewan ini digunakan untuk merasakan lingkungan, mendeteksi mangsa, dan menyetrum mangsa.

Baca juga: Sungai Terlebar di Dunia, Luasnya Hampir Sebesar Negara Jerman

3. Lumba-lumba Amazon

Lumba-lumba Sungai Amazon merupakan spesies lumba-lumba sungai terbesar. Berat lumba-lumba Amazon bisa mencapai 185 kg dengan panjang mencapai 2,5 m.

Lumba-lumba ini memiliki warna merah jambu yang menonjol pada lumba-lumba jantan dewasa.

Mangsa bagi lumba-lumba Sungai Amazon adalah 53 spesies ikan, kepiting air tawar, dan penyu sungai.

4. Berang-berang raksasa

Selain jenis ikan, berang-berang juga merupakan anggota hewan yang hidup di perairan Amazon. Berang-berang raksasa atau Pteronura brasiliensis adalah jenis mamalia karnivora yang memiliki panjang mencapai 1,7 m.

Berang-berang raksasa hidup berkelompok. Mereka aktif di siang hari dan berburu ikan, penyu, ular, kepiting, hingga buaya kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com