Suara-suara Penolakan Tuntutan Bubarkan MUI

Kompas.com - 20/11/2021, 13:30 WIB
Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) mui.or.idLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI)

KOMPAS.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap Ahmad Zain An-Najah terkait dugaan terlibat tindakan terorisme pada Selasa (16/11/2021). Ahmad Zain An-Najah diketahui merupakan anggota komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI sendiri sudah membuat pernyataan resmi terkait ditangkapnya Ahmad Zain An-Najah.

MUI menyatakan bahwa dugaan keterlibatan Zain An-Najah dengan tindak pidana terorisme bersifat pribadi dan tidak ada kaitannya dengan lembaga MUI.

MUI juga telah menonaktifkan Zain An-Najah sebagai pengurus hingga ada kejelasan berupa keputusan hukum yang berkekuatan tetap.

Baca juga: Tujuh Poin Pernyataan MUI soal Penangkapan Ahmad Zain An-Najah oleh Densus 88

Kendati begitu, ditangkapnya Ahmad Zain An-Najah ini membuat tuntutan untuk membubarkan MUI bergulir dari sekelompok orang.

Sejumlah pihak pun merespons dengan menolak tuntutan tersebut. Tak kurang dari Wakil Menteri Agama hingga Staf Khusus Presiden Joko Widodo menyebut keberadaan MUI masih dibutuhkan dan tidak bisa dibubarkan begitu saja.

Berikut ini adalah rangkuman pihak-pihak yang menyuarakan penolakan tuntutan dibubarkannya MUI:

1. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.Dok. Kemenag Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menilai adanya tuntutan bubarkan MUI dari sekelompok orang merupakan sesuatu yang berlebihan.

Ia mengatakan, tuduhan bahwa MUI terpapar terorisme sangat tidak berdasar. Pasalnya, kata dia, MUI telah menetapkan fatwa Nomor 3 Tahun 2004 tentang terorisme.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.