Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Dibalik Hilangnya Yana, Polisi Sebut Bukan ke Rumah Istri Muda

Kompas.com - 20/11/2021, 10:32 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Yana Supriatna (40) viral setelah dilaporkan hilang di kawasan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021) akhirnya ditemukan.

Pria tersebut ditemukan di Klinik Dawuan, Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Sebelumnya, nama Yana viral di media sosial hingga trending Twitter karena dikabarkan bukan hilang, melaindkan pulang ke rumah istri muda.

Kabar Yana pulang ke istri muda tidak benar

Kepala Seksi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengatakan, informasi Yana pulang ke rumah istri mudanya ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
"Kepastiannya, personel Satreskrim Polres Sumedang menemukan Yana di wilayah Kecamatan Dawuan, Majalengka. Bukan di rumah istri muda," ujar Dedi kepada Kompas.com melalui telepon, Sabtu (20/11/2021) pagi.

Dedi menuturkan, hasil pemeriksaan sementara, Yana menghilang selama tiga hari hingga akhirnya ditemukan di Majalengka karena alasan tekanan pekerjaan dan masalah rumah tangga.

"Motif sementaranya itu. Tapi sampai saat ini kami masih intensif melakukan pemeriksaan karena setiap ditanya jawaban Yana masih berubah-ubah," tutur Dedi.

Yana jalani tes kejiwaan

Dedi menyebutkan, karena jawaban Yana yang terus berubah-ubah, Polres Sumedang akan melakukan tes kejiwaan.

Baca juga: Polisi Bantah Kabar Yana Menghilang ke Tempat Istri Muda

"Kami akan melakukan tes kejiwaan terhadap Yana karena sejauh ini jawabannya kerap berubah-ubah," sebut Dedi.

Dedi menambahkan, setelah semua pemeriksaan terhadap Yana selesai, pihaknya akan melakukan press rilis terkait kasus Yana yang menyita banyak perhatian netizen.

"Informasi selengkapnya akan segera kami sampaikan setelah seluruh pemeriksaannya selesai, dan ada SOP yang mengharuskan Yana menjalani pemeriksaan kejiwaan, apakah ada kelainan kejiwaan atau tidak nanti diketahui, nanti semua hasilnya akan kami sampaikan," kata Dedi.

Berita hilangnya Yana hingga viral

Diberitakan sebelumnya, Yana Supriatna, warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, hilang misterius di Jalan Bandung-Cirebon, tepatnya di kawasan Cadas Pangeran, Selasa (16/11/2021) malam.

Di kawasan Cadas Pangeran, pihak keluarga hanya menemukan sepeda motor Honda Supra bernopol Z 2333 AB milik korban yang tergeletak di samping kiri (Arah Bandung menuju Sumedang kota), dengan kondisi setang motor terkunci.

Keluarga Yana, Yadi (51) mengatakan, sebelum hilang, Yana sempat mengirimkan pesan suara kepada istrinya melalui WhatApp.

Baca juga: Yana Nge-prank Jadi Trending Twitter, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Sengaja Menghilang di Cadas Pangeran

"Saya tahu dari istri Yana. Katanya suaminya hilang di Cadas Pangeran. Kata istrinya, Yana sempat ngirim voice note dan mengabarkan, sedang istirahat di masjid di wilayah Simpang, Pamulihan," ujar Yadi kepada Kompas.com di Cadas Pangeran.

(Sumber: Kompas.com Penulis Kontributor Sumedang, Aam Aminullah | Editor Pythag Kurniati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com