Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringkasan Perjalanan Ridwan Kamil Mencari Eril hingga Mengikhlaskan...

Kompas.com - 04/06/2022, 07:46 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Setelah delapan hari berlalu proses pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau disapa Eril.

Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss sejak 26 Mei 2022 pukul 11.24 waktu setempat.

Kunjungan Eril dan keluarga, termasuk sang adik Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, beserta sang ibu, Atalia Praratya, ke Swiss untuk mencari sekolah demi Eril yang akan melanjutkan pendidikan S2.

Sedangkan Ridwan Kamil saat itu sedang dalam tugas dinas ke Italia dan Inggris untuk menjalani kegiatan pemerintahan bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Kronologi kejadian hilangnya Eril

Di sela-sela kegiatan itu, Eril beserta Zara dan seorang kerabat mereka menyempatkan diri pelesir ke Sungai Aare.

Sungai Aare yang memiliki air berwarna biru tosca mengelilingi Kota Bern dari tiga sisi, atau kerap disebut Aare loop, sehingga mudah diakses oleh warga sekitar maupun wisatawan.

Menurut keterangan Kepolisian Kota Bern, saat itu Eril, Zara, dan seorang kerabatnya berenang di Sungai Aare. Saat ingin hendak naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras.

Baca juga: Ingin Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Pasutri Ini Tempuh 112 Kilometer dengan Motor

Ketika dikabari soal kondisi Eril yang dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Ridwan Kamil masih menjalankan tugas dinas luar negeri di Inggris.

Ridwan Kamil bertolak ke Swiss

Setelah menyelesaikan kegiatan, dia kemudian bertolak ke Swiss. Emil mengikuti secara langsung proses pencarian Eril mulai 28 Mei 2022. Saat itu dia mendapat penjelasan dari kepolisian setempat tentang lokasi pencarian Eril.

Dalam beberapa foto yang diunggah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Emil beserta sang istri nampak memantau langsung proses pencarian Eril.

Emil nampak berdiri di tepian Sungai Aare untuk melihat bagaimana aparat setempat melakukan pencarian menggunakan perahu.

Polri turut menerbitkan Yellow Notice atau permintaan bantuan untuk pencarian orang hilang bagi Eril.

Permintaan itu disampaikan melalui Kepolisian Internasional (Interpol). Di sela-sela proses pencarian, Emil dipertemukan dengan seorang penduduk Bern bernama Heinrich.

Lelaki itu adalah orang yang membantu adik Zara naik ke daratan dari Sungai Aare, Swiss. Foto dokumentasi pertemuan antara Emil dan Heinrich dibagikan oleh KBRI Bern.

Di dalam foto itu terlihat Emil bersimpuh di bahu sebelah kanan Heinrich. Sedangkan Heinrich memegang bagian belakang kepala Emil.

Ikut menyusuri Sungai Aare

Baca juga: Eril Dinyatakan Meninggal Dunia, Pencarian Tetap Dilanjutkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com