Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Pot Tanaman Gelap atau Transparan untuk Tanaman Hias

Kompas.com - 23/10/2021, 20:00 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas di rumah, menanam tanaman dalam pot bisa jadi jawaban yang tepat.

Untuk menanamnya, pecinta tanaman juga kerap menimbang-nimbang di antara pilihan banyak jenis pot.

Entah itu pot berwarna-warni, pot berwarna gelap, maupun pot transparan.

Dengan pot transparan, Anda dapat melihat akar tanaman tumbuh dan memberikan tampilan menarik di bawah permukaan, tetapi pot transparan tidak cocok untuk semua tanaman.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (21/10/2021), banyak tanaman pot umumnya tumbuh jauh lebih baik dalam wadah yang tidak transparan.

Untuk menentukan apakah tanaman tumbuh lebih baik di dalam pot transparan atau pot gelap sepenuhnya tergantung pada jenis tanaman dan cara akarnya bertumbuh.

Berikut ini tips memilih pot transparan atau pot gelap untuk pertumbuhan tanaman, dilihat dari kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Pot Kecil

Akar tanah dan kegelapan

Untuk tanaman yang tumbuh secara alami di tanah, pot buram atau gelap menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik di atas dan di bawah tanah.

Sedangkan, tanaman dengan akar udara yang mencari cahaya, yang tumbuh secara alami tanpa tanah, dapat tumbuh dengan baik dalam wadah bening.

Ketika akar tanaman tumbuh secara alami di bawah permukaan tanah, cahaya di dekatnya memberi sinyal bahwa mereka menuju ke arah yang salah.

Seperti batang, akar mengandung hormon pengatur pertumbuhan yang dikenal sebagai auksin, yang memberi tahu mereka cara untuk tumbuh.

Dengan cara yang sama seperti pertumbuhan bagian atas pada tanaman bengkok ke arah jendela yang cukup terang, akar secara alami tumbuh menjauh dari cahaya.

Mereka mencari kegelapan dan kelembapan pelindung sebagai gantinya. Jika diletakkan di dalam pot transparan, akar ini menghindari area tanah yang tembus cahaya.

Baca juga: 6 Tanaman Ini Ternyata Cocok Ditanam Saat Cuaca Panas

Akar udara dan cahaya

Beberapa akar tanaman dimaksudkan untuk dapat menikmati sinar matahari siang hari dan menarik energi dari sinar matahari tersebut.

Epifit, yang juga disebut tanaman udara, menarik air dan nutrisi dari udara melalui akar terbuka yang menempel pada pohon atau batu sehingga pot transparan memberi akar ini rumah yang mirip dengan lingkungan alami mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com