6 Tanaman Ini Ternyata Cocok Ditanam Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 17/10/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai. SHUTTERSTOCK/WORRAKETIlustrasi tanaman cabai, menanam cabai.

KOMPAS.com - Cuaca panas tengah dirasakan di beberapa daerah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut suhu tertinggi ada yang mencapai 37 derajat celcius.

Suhu udara panas ini bisa jadi membuat pemilik tanaman khawatir tanamannya akan layu atau mati. Hal itu wajar mengingat banyak tanaman yang dapat hidup dengan kelembaban tinggi.

Kendati begitu, tidak semua tanaman hanya bisa hidup dengan kelembaban tinggi. Itu lantaran setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan lingkungan yang berbeda-beda untuk tumbuh. Ada juga tanaman yang justru bisa tumbuh subur ketika cuaca sedang panas.

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok Ditanam Saat Cuaca Panas

Nah jika Anda jika Anda berencana menanam tanaman saat cuaca panas, ada beberapa tanaman yang cocok menjadi pilihan. Dilansir dari berita Kompas.com (21/9/2021), berikut ini adalah enam jenis tanaman yang cocok ditanam saat cuaca panas.

1. Cabai

Tanaman yang pertama adalah cabai. Cabai termasuk jenis tanaman yang bisa ditanam ketika musim panas.

Selain itu cabai juga cukup efisien bila ditanam di pekarangan rumah karena hanya membutuhkan sedikit ruang. Caranya, tanam cabai di pekarangan rumah dengan cahaya sinar matahari yang terang.

Jika terlalu lama terkena sinar matahari, tanaman cabai bisa layu.Unsplash/Prince Abid Jika terlalu lama terkena sinar matahari, tanaman cabai bisa layu.

2. Bugenvil

Berikutnya ada Bugenvil. Tanaman yang memiliki warna cantik ini menyukai sinar matahari di musim panas. Warnanya yang cantik tentu saja akan memanjakan mata dan memperindah pekarangan rumah Anda.

3. Tomat

Seperti cabai, tomat juga termasuk tanaman yang menyukai sinar matahari. Tomat memiliki jenis yang cukup beragam sehingga Anda dapat memilihnya sesuai keinginan.

Tak hanya menjadikan kebun Anda memiliki warna, namun dengan menanam tomat di cuaca yang cerah, Anda dapat memanennya ketika masa panen tiba.

Selain itu, menanam tomat juga sendiri akan menghemat pengeluaran karena tomat termasuk jenis tanaman yang sering digunakan untuk masakan sehari-hari.

Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.PIXABAY/ALEXEI CHIZHOV Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.