Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Siapkan Fitur Bisa Lacak Ponsel dalam Kondisi Mati

Kompas.com - 25/03/2024, 10:00 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik ponsel berbasis operating system (OS) Android bisa melacak ponselnya yang hilang meskipun dalam kondisi mati.

Sebelumnya, pemilik ponsel Android bisa melacak ponselnya yang hilang melalui fitur "Find My Phone". Namun fitur ini hanya dapat bekerja apabila ponsel dalam keadaan hidup.

Dikutip dari Gizmochina, Minggu (17/3/2024), pemilik bisa melacak ponselnya yang hilang meskipun dalam kondisi mati dengan pembaruan di OS Android 15.

Manfaatkan suar bluetooth

Kini melalui fitur di Android 15 itu, Google menambahkan mode pencarian ponsel dengan adanya Powered Off Finding.

Dikutip dari Antara, cara kerja fitur ini adalah dengan memanfaatkan fitur suar bluetooth yang ada di ponsel.

Selanjutnya, perangkat Android terdekat yang merupakan bagian dari "Find My Device", akan menangkap sinyal tersebut, mengenkripsi lokasi dan mengunggahnya ke server Google.

Sehingga hanya pemilik perangkat penyiaran atau orang yang dibagikan kunci enkripsinya yang dapat mengetahui lokasi tersebut.

Selain itu, agar perangkat bluetooth tetap dapat berfungsi, setidaknya ada sedikit cadangan baterai agar fitur dapat beroperasi.

Informasi awal, fitur ini akan tersedia di ponsel Pixel 9. Namun juga dapat tersedia di Pixel 8 apabila ponsel tersebut dapat update OS menjadi Android 15.

Syarat berikutnya diperlukan pula rekayasa perangkat lunak untuk mendukung Bluetooth Finder HAL atau Hardware Abstraction Layer.

Pemilik ponsel juga dipastikan sudah menginstal Android 15 yang memiliki fitur "Find My Device" dari Google versi terbaru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com