Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Bandara Indonesia Terfavorit Pelanggan Dunia, Raih ASQ 2023

Kompas.com - 19/03/2024, 20:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah bandara di Indonesia menddapat penghargaan Airport Service Quality (ASQ) 2023 sebagai bandara terfavorit penumpang di dunia.

Penghargaan Airport Service Quality (ASQ) dibuat setiap tahun oleh organisasi Airports Council International (ACI) bermitra dengan perusahaan teknologi Amadeus.

ASQ diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap keunggulan bandara dalam memberikan pengalaman bagi pelanggan di seluruh dunia.

Lebih dari 400 bandara di 109 negara dinilai berdasarkan data dari survei yang dibuat ASQ untuk mengukur kepuasan para penumpang penerbangan di dunia.

Dikutip dari laman resminya, ASQ mengadakan survei yang diisi para penumpang seluruh dunia. Mereka akan menilai pelayanan yang diberikan oleh bandara-bandara yang menjadi peserta penghargaan tersebut.

Bandara yang jadi mengikuti penghargaan ini harus menjadi peserta aktif dalam program survei utama ACI selama satu tahun. Pengelola bandara juga akan diaudit tiga bulan sekali agar memenuhi syarat menjadi peserta penghargaan.

Pelanggaran terhadap peraturan kerja lapangan dapat membuat bandara terkait tidak diikutsertakan dalam penghargaan tahunan.

Berdasarkan data terakhir pada 2023, sebanyak 11 bandara di Indonesia mendapatkan penghargaan ASQ sebagai bandara yang memuaskan bagi penumpang.

Lalu, apa saja bandara Indonesia yang menjadi terfavorit bagi penumpang sesuai penghargaan Airport Service Quality 2023?

Baca juga: Cerita Warganet Keluhkan Koper Rusak Saat Mendarat di Bandara


Penghargaan Airport Service Quality 2023

Airport Service Quality memiliki enam kategori penghargaan yang diberikan sebagai penilaian terhadap kualitas bandara dan staf yang bekerja di sana.

Berikut bandara-bandara Indonesia yang mendapatkan juara ASQ 2023.

Kategori bandara terbaik berdasarkan ukuran dan wilayah

Penghargaan ini diberikan kepada bandara-bandara dengan skor kepuasan penumpang tertinggi berdasarkan ukuran dan wilayah pada saat keberangkatan penerbangan.

Kategori ini terbagi sesuai jumlah penumpang per tahun yang menggunakan bandara tersebut. Berikut bandara Indonesia yang menjadi bandara terbaik bagi penumpang.

Jumlah penumpang di bawah dua juta orang per tahun:

  • Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang, Indonesia)
  • Bandara Internasional Pattimura (Ambon, Indonesia)

Jumlah penumpang dua hingga lima juta orang per tahun:

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com