Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Sederhana Menjalin Ikatan yang Kuat dengan Anjing Peliharaan

Kompas.com - 23/03/2024, 17:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Hewan peliharaan, termasuk anjing, tidak dimiliki hanya untuk sekadar menjaga atau meramaikan rumah.

Mereka juga bisa menjadi sahabat bahkan keluarga yang bisa memberikan kebahagiaan dan menemani Anda di waktu-waktu sepi.

Bagi Anda yang telah lama memiliki anjing peliharaan, tentu sudah menjalin ikatan yang kuat dan sangat memahami betapa menyenangkannya memiliki hewan peliharaan.

Baca juga: 10 Penyebab Stres pada Anjing Peliharaan dan Cara Mengatasinya


Namun, bagi Anda yang baru saja ingin memiliki anjing peliharaan, ada baiknya mengetahui tips menjalin ikatan yang baik dengan teman berbulu Anda berikut ini:

1. Tatap mata anjing Anda

Tips pertama, ketika sedang bersama anjing peliharaan, cobalah untuk sering memberikan tatapan lembut ke mata mereka.

Dilansir dari The Washington Post, penelitian menemukan bahwa ketika manusia dan anjing berbagi pandangan penuh kasih sayang, keduanya mendapat dorongan oksitosin.

Oksitosin sendiri adalah hormon menenangkan yang terkait dengan cinta dan ikatan, sehingga akan terjadi umpan balik positif.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Anjing Peliharaan Anda Memakan Rumput

2. Ajak mereka beraktivitas bersama

Identifikasi situasi yang disukai anjing Anda dan ajak mereka. Jika anjing Anda suka naik mobil, pertimbangkan untuk membawanya bepergian bersama Anda.

Atau ketika mereka suka bermain dengan mainan atau berjalan-jalan di taman, sering-seringlah mengajak mereka untuk melakukan aktivitas tersebut.

3. Pelajari trik baru

Pertimbangkan untuk melatih anjing Anda beberapa trik baru, misalnya berguling, menangkap Frisbee, atau melompati hula hoop.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anjing dari segala usia merespons dengan baik sejumlah trik dan ini dapat membantu menjaga mentalnya tetap tajam.

Selain itu, ini bisa menjadi pengalaman menyenangkan yang bisa Anda nikmati bersama sehingga memberikan ikatan yang kuat.

Baca juga: Ini Tanda Ketika Anjing Peliharaan Mengibas Ekornya, Pemilik Wajib Tahu

4. Beri mereka pelukan

Bagi banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, berpelukan adalah cara nomor satu untuk menjalin ikatan dengan sahabat berbulu mereka.

Dikutip dari laman Daily Paws, pelukan memang membantu Anda dan anjing terhubung, dengan catatan selama Anda berdua menikmatinya.

5. Berikan mereka ruangnya sendiri

Meski penting untuk bisa bermain bersama dengan anjing peliharaan, di beberapa situasi mereka juga menginginkan ruangnya sendiri.

Beberapa anjing secara alami lebih bersosialisasi sementara yang lain lebih mandiri. Pertimbangkan ras dan kepribadian anjing Anda, dan jika dia ingin tidur siang di ruangan lain, biarkan saja.

Baca juga: 5 Ras Anjing dengan Kecerdasan Paling Rendah Menurut Penelitian Ilmiah

6. Pahami bahasa tubuh anjing

Anjing berkomunikasi dengan seluruh tubuhnya, misalnya mereka akan mengibaskan ekornya saat senang maupun gugup.

Jadi untuk mengetahui perasaan anak anjing Anda, Anda harus tahu apa yang harus dicari berdasarkan bahasa tubuh yang mereka tunjukkan.

memahaminya akan memberi petunjuk kepada Anda tentang emosinya dan akan membawa ikatan Anda dan anjing peliharaan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com