Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan dan Minuman Manusia yang Berbahaya jika Dikonsumsi Anjing Peliharaan

Kompas.com - 09/03/2024, 18:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Anjing peliharaan perlu mendapatkan sebagian nutrisinya dari makanan yang diformulasikan secara khusus dan minum dari sumber air bersih dan segar.

Berapa banyak kebutuhan makan dan minum anjing peliharaan Anda bergantung pada usia, ukuran, pola makan, dan kondisi kesehatannya.

Selain makanan dan minuman yang diproduksi khusus untuk anjing, mereka juga dapat mengonsumsi beberapa makanan manusia.

Namun, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah, tidak semua jenis makanan manusia dapat dikonsumsi oleh anjing peliharaan.

Baca juga: Mengenal Ras Pomeranian, Anjing Mungil dengan Bulu Lebat yang Khas


Berikut ini adalah beberapa makanan manusia yang bisa berbahaya jika dikonsumsi anjing peliharaan:

1. Buah alpukat

Dikutip dari laman Healthline, alpukat mengandung zat yang disebut persin, yang sangat aman untuk dikonsumsi manusia tetapi bisa sangat beracun bagi anjing.

Jika anjing memakannya, cairan bisa menumpuk di paru-paru dan dada anjing, membuatnya sulit bernapas, dan dapat menyebabkan kekurangan oksigen atau bahkan kematian.

Cairan tersebut juga dapat menumpuk di jantung, pankreas, dan perut, dan hal ini dapat menyebabkan komplikasi fatal lainnya.

Baca juga: Apa yang Dimimpikan Kucing dan Anjing Saat Tidur? Ini Kata Peneliti

2. Xilitol

Xilitol adalah gula alkohol yang sering digunakan sebagai pemanis permen, permen karet, pasta gigi, dan makanan yang dipanggang.

Meskipun aman untuk dikonsumsi manusia, mengonsumsi makanan yang mengandung xilitol dapat menyebabkan penurunan gula darah anjing secara tiba-tiba dan signifikan.

Gejala awalnya termasuk muntah, lemas, kesulitan bergerak, koma, dan kejang, sering kali muncul 30 menit setelah konsumsi. Xilitol dapat menyebabkan kerusakan hati dan kematian.

Baca juga: 7 Ras Anjing Paling Mudah Dilatih dan Cocok Jadi Teman Peliharaan

3. Produk kafein

Kafein secara alami ditemukan dalam kopi, teh, dan coklat. Ia dapat mempercepat detak jantung dan merangsang sistem saraf pada anjing.

Dalam waktu 2 hingga 4 jam setelah mengonsumsi kafein, anjing berisiko mengalami kegelisahan, rasa haus berlebihan, kurangnya kontrol kandung kemih, muntah, dan diare.

Jika anjing mengonsumsi terlalu banyak kafein, mereka dapat mengalami irama jantung tidak normal atau kegagalan paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: 5 Rekomendasi Ras Anjing Berukuran Kecil yang Menggemaskan untuk Dipelihara

4. Buah Jeruk

Dilansir dari laman American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), buah, daun, dan kulit jeruk mengandung asam sitrat dalam jumlah yang bervariasi.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com