Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Khatam Al Quran selama Ramadhan, Baca Berapa Halaman Sehari?

Kompas.com - 10/03/2024, 19:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan terkadang menargetkan agar bisa khatam Al Quran selama Bulan Suci. 

Namun, ada pertanyaan yang sering muncul, berapa halaman atau juz yang sebaiknya dibaca setiap harinya untuk mencapai tujuan mulia ini.

Simak artikel berikut untuk mengetahui tips khatam Al Quran selama bulan suci Ramadhan dan merinci strategi berapa jumlah halaman yang optimal untuk dibaca setiap hari.

Baca juga: Kapan Awal Puasa 2024? Ini Cara Menentukan Ramadhan NU, Muhammadiyah, dan Kemenag


Khatam Al Quran dengan 1 hari 1 juz

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, mengatakan umat Islam mendapat kemudahan untuk menyelesaikan bacaan Al Quran pada bulan Ramadhan.

"Pembagian alquran menjadi 30 juz salah satu hikmahnya adalah agar dapat dikhatamkan dalam satu bulan atau 30 hari," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/3/2024).

Adib menjelaskan, Al Quran terdiri dari 30 juz yang setiap juz terbagi menjadi dua hizb. Setiap hizb memiliki empat maqra atau berarti satu juz Al Quran berisikan delapan maqra. 

Hizb adalah penanda khusus berupa huruf hijaiyah ha yang membagi dua seluruh bacaan Al Quran agar selesai dibaca selama enam puluh hari.

Sementara maqra adalah sub-pembahasan dalam Al Quran yang biasanya ditandai dengan huruf ain di kiri atau kanan halamannya.

Maqra, katanya, bertujuan untuk membagi bacaan satu juz Al Quran saat shalat. Satu bagian maqra dapat dibaca dalam setiap dua rakaat pertama shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

"Hal itu menjadi tradisi di kalangan para penghafal Al Quran untuk selalu dapat murajaah (menghafal) hafalannya melalui salat lima waktu," lanjut dia.

Adib menambahkan, hal tersebut tidak berlaku saat shalat Subuh. Umat Islam lebih dianjurkan membaca surah Al Quran lainnya dan tidak melanjutkan bacaan dari shalat lainnya ketika shalat Subuh.

Pembagian Al Quran ini, terangnya, dibuat berdasarkan hasil ijtihad atau proses penetapan hukum syariat dari para ulama sekitar abad 2 Hijriyah. Tujuannya untuk memudahkan dalam tadarus dan murajaah hafalan Al Quran.

"Jadi kalau ingin mengkhatamkan bacaan Al Quran dalam satu bulan Ramadhan dapat mengikuti tradisi tersebut," tegas Adib.

Terpisah, Ustadzah Lulung Ummu Mumtaza menyebutkan, umat Islam dapat mengikuti tanggal Ramadhan dalam membaca Al Quran sampai khatam.

"Ikutin tanggal saja. Tanggal 1 (Ramadhan) ya juz 1 dan setetusnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com