Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Petugas SPBU Tidur Saat Ada Pelanggan, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 12/06/2023, 15:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang memperlihatkan seseorang yang hendak mengisi BBM di SPBU, namun petugasnya tampak tertidur, viral di media sosial.

Video viral itu diunggah oleh akun TikTok ini pada Jumat (9/6/2023).

Dalam unggahan terlihat seseorang mengendarai sepeda motor dan berhenti tepat di depan mesin pengisian BBM.

Kemudian, ia melihat petugas sedang tertidur dan berusaha untuk membangunkan petugas yang jaga pada saat itu.

Ia mencoba membangunkannya selama beberapa kali namun petugas juga tak kunjung bangun. Setelah itu, laki-laki itu memutuskan untuk meninggalkan SPBU. 

"Kasihan bp nya mau beli pertalite ga jadi, yg jaga lg tidur nyenyak. Akhirnya didorong 03.01, Bapaknya ga tega mau bangunin," tulis dalam narasi video.

Hingga Senin (12/6/2023) siang, unggahan video itu sudah dilihat sebanyak 4,9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 2.900 komentar dari warganet.

@nann_cimory 44.56X.XX bapaknya ga tega mau bangunin ???? #spbu ? Instrumen Sedih - Yuda pratama

Lantas, bagaimana penjelasan Pertamina terkait unggahan tersebut?

Baca juga: Viral, Unggahan Sebut Elpiji 3 Kg Langka di Nganjuk, Pertamina: Kosong Hanya di Pengecer

Penjelasan Pertamina

Saat dikonfirmasi, Area Manager Communication, Relations and Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho membenarkan kejadian dalam unggahan video tersebut.

Brasto menyampaikan, setelah dilakukan pengecekan, kejadian itu berada di SPBU di daerah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (9/6/2023).

"Benar bahwa tertidurnya petugas operator SPBU sehingga tidak bisa melayani konsumen dalam video tersebut terjadi pada Jumat, 9 Juni 2023 sekitar pukul 03.00 WIB pagi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Terkait dengan kronologi kejadiannya, Brasto mengungkapkan, bahwa operator tertidur saat bertugas jaga di SPBU sekitar pukul 03.00 pagi dan pada saat itu juga sedang tidak ada banyak transaksi di SPBU tersebut.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga BBM Per 1 Juni 2023, Ini Alasannya

Petugas sudah diberi peringatan

Lebih lanjut, Brasto mengatakan, dalam hal ini pengawas SPBU telah menegur operator yang bersangkutan atas perilakunya tersebut.

Atas kejadian tersebut, pihaknya juga turut mengucapkan terima kasih atas masukkan dari masyarakat sehingga pelayanan bisa terus ditingkatkan.

"Apabila konsumen dan masyarakat memiliki pertanyaan, saran, dan masukan terkait produk dan layanan Pertamina, bisa menghubungi Pertamina Call Center 135 melalui media sosial kita," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com