Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Kekayaan Erick Thohir Vs La Nyalla Mattalitti, Dua Calon Ketum PSSI yang Dinilai Terkuat

Kompas.com - 17/01/2023, 13:05 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dinilai pengamat menduduki posisi terkuat sebagai calon Ketua Umum (Ketum) PSSI.

Keduanya bakal bersaing dengan sosok lain yang memperebutkan posisi tersebut, seperti Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Diketahui, La Nyalla mendaftarkan diri sebagai caketum PSSI pada Jumat (13/1/2023) yang disusul Erick yang mendaftar pada Minggu (15/1/2023).

Masuknya dua nama tersebut makin memanaskan bursa pemilihan Ketum PSSI mengingat masing-masing punya pengaruh yang kuat.

Erick Thohir berstatus sebagai mantan Presiden Inter Milan, sementara La Nyalla Mattaliti pernah menduduki posisi Ketum PSSI.

Dilansir dari Kompas.com (17//1/2023), pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly, menilai bahwa pertarungan untuk memperebutkan kursi Ketum PSSI antara Erick Thohir dan La Nyalla akan ketat.

Bila dilihat dari laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) yang terakhir kali mereka laporkan, siapa yang memiliki harta kekayaan paling banyak?

Baca juga: Profil Doni Setiabudi, Calon Ketum PSSI yang Pernah Urus Klub Atta Halilintar

Harta kekayaan Erick Thohir

Erick Thohir adalah pengusaha kelahiran 30 Mei 1970 yang sudah malang-melintang di dunia olahraga, baik basket maupun sepakbola.

Ia pernah menjadi manajer salah satu klub basket dalam Liga Basket Kobatama, Mahaka SM, ketika usianya hampir menginjak 30 tahun.

Dilansir dari Kompaspedia, pada tahun 2013 yang lalu ia pernah mengakuisisi 70 persen saham klub raksasa Serie A Italia, Inter Milan.

Sebagai pemegang saham mayoritas, Erick juga menduduki posisi sebagai presiden klub sebelum melepas sahamnya ke Suning Group pada tahun 2016.

Bila ditilik dari laman elhkpn.kpk.go.id, Erick yang saat ini menduduki jabatan sebagai Menteri BUMN memiliki harta kekayaan yang begitu fantastis.

Baca juga: 5 Bakal Calon Ketum, 17 Balon Waketum PSSI, dan 78 Balon Exco

Total harta kekayaannya yang dilaporkan pada tahun 2021 mencapai Rp 2.319.242.458.655.

Pendiri Mahaka Group tersebut mempunyai aset tanah yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, hingga Bogor.

Ia juga memiliki beberapa kendaraan pribadi, seperti Mercedez-Bens W108280S tahun 1969 senilai Rp. 110.000.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com