Kompas.com - 12/08/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Timsus Polri telah melakukan pemeriksaan perdana terhadap Irjen Ferdy Sambo setelah ditetapkan sebagi tersangka pembunuhan Brigadir J.

Pemeriksaan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Polri setelah Sambo ditetapkan menjadi tersangka pada Selasa (9/8/2022).

Perlu diketahui jika Sambo ditetapkan sebagai tersangka karena berperan memerintah dan menyusun skenario penembakan terhadap Brigadir J.

Pemeriksaan berlangsung selama tujuh jam, mulai pukul 11.00-18.00 WIB di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis (11/8/2022).

Lantas, apa saja hasil pemeriksaan yang ditemukan oleh penyidik Polri?

Baca juga: Mengapa Motif Sambo Bunuh Brigadir J Belum Diungkap Polisi?

1. Motif Ferdy Sambo bunuh Brigadir J

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan bahwa Sambo telah membuka motif pembunuhan Brigadir J kepada penyidik.

Pembunuhan dilakukan karena Sambo marah dan emosi kepada Brigadir J akibat melukai martabat keluarganya saat berada di Magelang, Jawa Tengah.

Sambo mengetahui adanya peristiwa tersebut setelah mendapatkan informasi dari istrinya, Putri Candrawati.

"FS mengatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi setelah dapat laporan PC yang mendapatkan tindakan yang melukai harkat martabat keluarga di Magelang oleh almarhum Yosua," kata Andi, dikutip dari Kompas.com, Kamis (11/82022).

Mengetahui hal itu, Sambo merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J. Dia ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana.

Baca juga: Motif Penembakan Brigadir J dari Berbagai Versi: Bocoran Mahfud MD hingga Pengakuan Ferdy Sambo

2. Perintahkan anak buah

Kemarahan tersebut lantas membuat Sambo mengajak anak buahnya, yakni Bharada E dan Bripka RR membunuh Brigadir J.

"Oleh karena itu, kemudian tersangka FS (Ferdy Sambo) memanggil tersangka RR (Ricky Rizal) dan tersangka RE (Richard Eliezer) untuk melakukan pembunuhan, untuk merencanakan pembunuhan terhadap almarhum Yosua," ujar Andi, dikutip dari Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Namun, Andi menekankan jika pernyataan tersebut baru pengakuan Sambo yang nantinya akan diungkap kebenarannya di pengadilan.

Baca juga: Pengakuan Ferdy Sambo: Brigadir J Lukai Harkat dan Martabat Putri di Magelang

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.