Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti "Mc" di Depan Nama Belakang seperti McDonald atau McManaman?

Kompas.com - 23/07/2022, 14:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering kali kita menjumpai nama orang Amerika atau Inggris berawalan "Mc" seperti McDonald, McKenna Grace, atau McManaman. 

Imbuhan kata "Mc" ternyata memiliki arti dan penjelasannya. 

Hal ini sama halnya dengan imbuhan "O'" pada nama orang, misalnya Dylan O'Brien, yang merupakan aktor atau pemeran Thomas dalam serial Maze Runner.

Baca juga: Sejarah Nike dan Logonya yang Ikonik

Lalu, apa makna "Mc" atau "O" pada awalan nama seseorang?

Conor McGregor (kiri) saat melepaskan pukulan jab tangan kiri ke Dustin Poirier (kanan) dalam duel divisi kelas ringan atau lightweight UFC 257 yang dihelat di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Sabtu (23/1/2021)Jeff Bottari/Zuffa LLC Conor McGregor (kiri) saat melepaskan pukulan jab tangan kiri ke Dustin Poirier (kanan) dalam duel divisi kelas ringan atau lightweight UFC 257 yang dihelat di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Sabtu (23/1/2021)

Arti nama "Mc-"

Dikutip dari Irishcentral, (13/10/2021), penamaan "Mc" dan "O'" merupakan nama keluarga yang awalnya berasal dari Irlandia. 

"Mc-" adalah singkatan dari istilah Gaelik "mac," yang berarti "anak". Hal ini seperi "bin" dan "binti" dalam penamaan anak dalam bahasa Arab.

Jika ditulis dalam nama keluarga, berarti nama keluarga itu berasal dari seseorang dengan nama berikut. Misalnya, seseorang bernama McDonald berarti “anak Donald”.

Meskipun demikian, jika seseorang dipanggil McDonald, bukan berarti ayahnya atau bahkan kakeknya dikenal sebagai Donald.

Sebab ayah dan kakek mereka juga akan berbagi nama keluarga McDonald, hal itu bisa jadi menunjukkan bahwa ada seorang Donald sejak lama yang memulai silsilah keluarga yang menjadi bagian dari semua McDonald's.

Sejarah penamaan Irlandia

Irlandia adalah salah satu negara pertama di Eropa yang menggunakan nama belakang atau marga atau nama keluarga.

Hal ini didasarkan pada temuan laporan kematian penguasa Aidhne, Tigherneach Ua Cleirigh (atau Cleirigh dalam ejaan modern) pada tahun 916 Masehi.

Sampai abad ke-10, nama belakang tidak selalu diturunkan dari generasi ke generasi tetapi bersifat patronimik, yang berarti mereka didasarkan pada nama ayah dan ditambahkan setelah nama depan.

 

Nama keluarga ini, seperti McGrath atau McKenna, digunakan secara umum di Irlandia pada akhir tahun 1100-an tetapi masih belum tentu nama keluarga.

Baca juga: Sejarah Honda: Awalnya Pemasok Ring Piston untuk Toyota

Arti nama "O-"

Shaquille O'Neal saat masih bermain untuk Los Angeles Lakers.AFP/RHONA WISE Shaquille O'Neal saat masih bermain untuk Los Angeles Lakers.

Sementara, nama-nama yang dimulai dengan "O'," berasal dari "Ó" yang berarti "cucu dari" atau "keturunan," masih termasuk yang paling umum di Irlandia.

Empat dari nama keluarga ini termasuk dalam sepuluh besar paling umum di Irlandia adalah O'Brien, O'Sullivan, O'Connor, dan O'Neill.

"O'-" adalah bentuk Anglicized, yang berarti "keturunan laki-laki."

Hal itu tidak secara langsung merujuk pada menjadi "anak" seseorang, tetapi itu berarti bahwa seseorang adalah laki-laki dalam keluarga dan akan terkait dengan nama itu.

Misalnya, seseorang bernama O'Connor berarti "keturunan laki-laki Connor".

Sama seperti variasi "Mc-", ayah atau kakek tidak perlu menyebutkan namanya. Jadi, jika seseorang dikenal sebagai O'Connor, ayahnya tidak harus dipanggil Connor.

Sebaliknya, nama itu berasal dari zaman yang lebih kuno, di mana nama-nama seperti "Connor" diberikan kepada raja atau bangsawan.

Idenya adalah untuk menghubungkan kembali nama keluarga dengan raja asli dengan nama itu.

Baca juga: Sejarah Vespa, dari Produsen Pesawat Tempur hingga Bikin Skuter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com