Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Arti "Mc" di Depan Nama Belakang seperti McDonald atau McManaman?

Imbuhan kata "Mc" ternyata memiliki arti dan penjelasannya. 

Hal ini sama halnya dengan imbuhan "O'" pada nama orang, misalnya Dylan O'Brien, yang merupakan aktor atau pemeran Thomas dalam serial Maze Runner.

Lalu, apa makna "Mc" atau "O" pada awalan nama seseorang?

Arti nama "Mc-"

Dikutip dari Irishcentral, (13/10/2021), penamaan "Mc" dan "O'" merupakan nama keluarga yang awalnya berasal dari Irlandia. 

"Mc-" adalah singkatan dari istilah Gaelik "mac," yang berarti "anak". Hal ini seperi "bin" dan "binti" dalam penamaan anak dalam bahasa Arab.

Jika ditulis dalam nama keluarga, berarti nama keluarga itu berasal dari seseorang dengan nama berikut. Misalnya, seseorang bernama McDonald berarti “anak Donald”.

Meskipun demikian, jika seseorang dipanggil McDonald, bukan berarti ayahnya atau bahkan kakeknya dikenal sebagai Donald.

Sebab ayah dan kakek mereka juga akan berbagi nama keluarga McDonald, hal itu bisa jadi menunjukkan bahwa ada seorang Donald sejak lama yang memulai silsilah keluarga yang menjadi bagian dari semua McDonald's.

Sejarah penamaan Irlandia

Irlandia adalah salah satu negara pertama di Eropa yang menggunakan nama belakang atau marga atau nama keluarga.

Hal ini didasarkan pada temuan laporan kematian penguasa Aidhne, Tigherneach Ua Cleirigh (atau Cleirigh dalam ejaan modern) pada tahun 916 Masehi.

Sampai abad ke-10, nama belakang tidak selalu diturunkan dari generasi ke generasi tetapi bersifat patronimik, yang berarti mereka didasarkan pada nama ayah dan ditambahkan setelah nama depan.

Nama keluarga ini, seperti McGrath atau McKenna, digunakan secara umum di Irlandia pada akhir tahun 1100-an tetapi masih belum tentu nama keluarga.

Sementara, nama-nama yang dimulai dengan "O'," berasal dari "Ó" yang berarti "cucu dari" atau "keturunan," masih termasuk yang paling umum di Irlandia.

Empat dari nama keluarga ini termasuk dalam sepuluh besar paling umum di Irlandia adalah O'Brien, O'Sullivan, O'Connor, dan O'Neill.

"O'-" adalah bentuk Anglicized, yang berarti "keturunan laki-laki."

Hal itu tidak secara langsung merujuk pada menjadi "anak" seseorang, tetapi itu berarti bahwa seseorang adalah laki-laki dalam keluarga dan akan terkait dengan nama itu.

Misalnya, seseorang bernama O'Connor berarti "keturunan laki-laki Connor".

Sama seperti variasi "Mc-", ayah atau kakek tidak perlu menyebutkan namanya. Jadi, jika seseorang dikenal sebagai O'Connor, ayahnya tidak harus dipanggil Connor.

Sebaliknya, nama itu berasal dari zaman yang lebih kuno, di mana nama-nama seperti "Connor" diberikan kepada raja atau bangsawan.

Idenya adalah untuk menghubungkan kembali nama keluarga dengan raja asli dengan nama itu.


Sejarah nama keluarga di Eropa

Dikutip dari LanguageTrainers, pada tahun 1370, kata "nama keluarga" muncul dalam dokumen resmi berbagai negara.

Setelah titik ini, konvensi penamaan orang 'setelah' nama ayah mereka muncul.

Inggris

Di Inggris, misalnya, nama keluarga seperti Wilson (William Son–son of William); Johnson (John Son–anak John); muncul.

Kadang-kadang terjadi peminjaman antar bahasa, misalnya nama keluarga Inggris Fitzherbert, yang berarti 'anak Herbert' meminjam (dan mengadaptasi) kata Perancis untuk 'anak', yaitu 'fils'.

Skandinavia

Di negara-negara Skandinavia, tren serupa juga terjadi.

Di Denmark, Norwegia, dan Swedia, konvensinya adalah menambahkan kata 'sen' atau 'son' di akhir nama keluarga ayah.

Jadi jika orang tua bernama Peter, dan memiliki seorang putra bernama Marcus, nama keluarga anak itu adalah Marcus Petersen atau Peterson (yang terakhir terutama di Norwegia).

Eropa selatan

Di Eropa selatan, konvensi penamaan sedikit berbeda.

Di Portugal, nama ayah yang sebenarnya digunakan dalam nama keluarga anak.

Misalkan ada seorang bangsawan bernama Rodrigo, yang memiliki seorang putra bernama Fernando.

Mungkin namanya adalah Fernando Rodrigues (atau di Spanyol, Rodriguez).

Aturan yang sama berlaku untuk Fernando/Fernandes, Marcos/Marques, Henrique/Henriques, dan seterusnya.

Eropa timur

Di Rusia, Ukraina, dan Belarusia, antara nama depan dan nama keluarga digunakan nama keluarga; biasanya merupakan bentuk kuno dari nama nama ayah.

Dalam bahasa Rusia, akhiran patronimik adalah 'ovna' untuk wanita, dan 'ovitch' atau 'itch' untuk pria, misalnya Larissa Constantinovna dan Boris Constantinovitch, anak-anak Constantin.

Di Polandia, nama keluarga biasanya dikenali dengan akhiran -iak, -ski dan -wicz, misalnya Szczepaniak ("putra Szczepan"), Józefski ("putra Józef") atau Ka?mirkiewicz ("putra Kazimierz").

Sementara itu di Kroasia dan Serbia, patronimik yang setara dalam bahasa Polandia -wicz berakhir sebagai -vic. Miloševi?, misalnya, berarti "putra Miloš".

Di Rumania, banyak nama memiliki akhiran nama -escu yang sesuai dengan akhiran Latin -iscus, yang berarti "milik orang."

Misalnya, "Petrescu" digunakan untuk putra Petre.

Nama keluarga yang paling umum adalah Popa dengan hampir 200.000 nama, Popescu ("putra Bapa") dengan hampir 150.000 nama dan Ionescu ("putra Ion").

Daftar selengkapnya imbuhan nama keluarga dapat disimak di sini. 

https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/23/143000765/apa-arti-mc-di-depan-nama-belakang-seperti-mcdonald-atau-mcmanaman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke