Soal Kasus Kecurangan CASN 2021, Kemenpan RB: Akan Ada Sanksi Pencopotan Jabatan dan Blacklist

Kompas.com - 27/04/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menindak tegas para pelaku tindak kecurangan tes CASN 2021.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Anti Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) Polri telah mengangkap 30 orang pelaku tindak kecurangan pelaksanaan tes CASN 2021 itu.

30 pelaku terdiri dari 21 warga sipil dan 9 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, sebanyak 359 peserta seleksi CASN 2021 juga ikut terlibat dalam kecurangan tersebut.

Baca juga: 9 PNS Jadi Tersangka Kecurangan Tes CASN 2021, Ini Kata BKN

Pencopotan jabatan PNS

Kemenpan RB melalui Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce menegaskan, PNS yang terlibat dalam kasus kecurangan tes CASN 2021 dan dinyatakan bersalah akan mendapatkan sanksi berupa pencopotan jabatan.

Hal tersebut sebagai respons tegas Kemenpan RB dalam menindaklanjuti kecurangan tersebut.

"Pasti dicopot (jabatannya). Misalnya dia pejabat struktural, (maka) dicopot jabatannya," kata Averrouce, saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (25/4/2022).

Bahkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pencopotan jabatan tersebut akan dilakukan secara tidak terhormat.

"Kalau ada oknum PNS yang terlibat, kami proses untuk diberhentikan secara tidak terhormat," tuturnya, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan, pihaknya sempat menerima aduan dari masyarakat serta temuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai tindak kecurangan dalam tes CASN 2021.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.