Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Misteri Gunung yang Belum Terpecahkan hingga Saat Ini

Kompas.com - 07/03/2022, 20:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Gunung merupakan salah satu bentang alam di muka bumi yang memiliki segudang misteri. Dibalut dengan rimbunnya pepohonan dan lebatnya hutan rimba, membuat suasana di dalamnya semakin mencekam.

Di Indonesia sendiri, banyak gunung yang diyakini menyimpan misteri tersendiri. Sebut saja tragedi Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak. Pada saat itu, banyak yang meyakini bahwa tragedi ini ada hubungannya dengan hal-hal gaib.

Selain itu, ada gunung lain yang kerap menjadi tempat pembunuhan sadis, yaitu Gunung Tamalpais, California. Tragedi ini bahkan menewaskan sembilan korban wanita.

Kisah lengkapnya dapat didengar melalui audio drama siniar Tinggal Nama bertajuk "Gunung Tamalpais, Si Putri Tidur yang Meminta 9 Nyawa".

Selain Gunung Tamalpais, ternyata masih banyak gunung-gunung lain yang turut menyimpan misteri. Lantas, apa saja misteri yang disimpan gunung-gunung itu?

1. Insiden Pass Dyatlov

Pada 1959, terjadi insiden di Dyatlov Pass, Siberia. Sembilan siswa muda Rusia yang sedang melakukan perjalanan untuk ski ditemukan tewas dengan keadaan misterius. Tak ditemukan tanda-tanda mencurigakan karena peralatan mereka ditemukan lengkap.

Mayat-mayat yang ditemukan pun saling berjarak ratusan meter. Anehnya, posisi para korban seperti menggali karena putus asa. Mereka juga mengalami luka yang mengerikan, seperti patah tulang dan kerusakan otak, tetapi tidak ada luka luar sama sekali.

Baca juga: Fakta Jane Toppan, Perawat Sadis Pembunuh 31 Pasiennya

Anehnya lagi, pakaian mereka mengandung tingkat radiasi yang lebih tinggi dari biasanya. Saat ditemukan, beberapa mayat ditemukan berpakaian lengkap dan sisanya hampir telanjang. Sementara itu, hanya satu mayat saja yang kehilangan lidah dan matanya.

Karena masih belum menemukan motif jelas, banyak orang yang mulai berspekulasi. Beberapa mengatakan bahwa hal ini ada hubungannya dengan lokasi fasilitas pengujian Soviet yang rahasia.

Sisanya, percaya bahwa mereka dibunuh oleh alien karena cahaya terang terlihat di langit pada sekitar waktu hilangnya sembilan siswa ini.

2. Lembah Pria Tanpa Kepala

Taman Nasional Nahanni, bagian dari Gunung Mackenzie di Kanada, dikenal sebagai lembah pria tanpa kepala. Selama ribuan tahun, wilayah itu dikatakan memiliki aura negatif. Dikatakan pula banyak makhluk misterius yang menghuni daerah itu.

Salah satu kasus, yaitu McLeod Brothers ditemukan tewas dengan kepala yang hilang saat tengah mencari emas di daerah tersebut. Selain itu, ditemukan pula kerangka tanpa tengkorak penambang emas Martin Jorgenson di kabinnya yang terbakar pada tahun 1917.

Banyak orang yang mengaku telah melihat lampu aneh di langit atau lelaki berbadan besar yang berjalan di antara pohon-pohon di sana. Namun, tetap saja, hingga kini, misteri-misteri yang terjadi di lembah ini masih belum memberikan jawaban yang pasti.

Baca juga: Hal yang Dapat Dilakukan Saat Kondisi Mental Buruk

3. Gunung Hitam

Gunung yang terkenal dengan penampakan misteriusnya ini terletak di Queensland, Australia. Salah satu cerita yang menghebohkan adalah penampakan hantu seorang pria kedokteran di atas batu-batu besar. Bahkan, dikatakan hewan sampai enggan untuk memasuki wilayah itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com