Kompas.com - 04/01/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Tingkat kecerdasan seseorang dikaitkan dengan level Intelligence Quotient atau IQ.

Semakin tinggi IQ-nya, berarti semakin pintar otaknya. IQ jenius pertama yang pernah tercatat memiliki nilai di sekitar angka 140.  

Namun di tahun 1940, seorang peneliti menyatakan bahwa seseorang baru bisa dikatakan jenius jika IQ-nya mendekati angkat 180. IQ dengan angka ini hanya terjadi satu banding 1 miliar orang.

Melansir WebMD, ilmuwan menyatakan bahwa penyebab level IQ dan kepintaran seseorang ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah genetika.

Baca juga: Cara Melindungi Anak dari Omicron, Ini Saran dari Unicef

Tanda-tanda anak memiliki IQ tinggi

Seperti diberitakan The Sunrata-rata IQ masyarakat di Amerika ada di angka 100. Lebih dari itu, mendekati 130, seseorang sudah bisa dikatakan jenius atau sangat pintar.

Tanpa tes IQ, kita bisa melihat kecerdasan pada anak dengan mengamati tingkah lakunya.Shutterstock/SUKJAI PHOTO Tanpa tes IQ, kita bisa melihat kecerdasan pada anak dengan mengamati tingkah lakunya.
Untuk mengukur tinggi IQ kita harus menjalani serangkaian tes IQ khusus. Dari hasil tes itulah baru akan bisa ditemukan level IQ kita.

Namun menurut banyak penelitian, tanpa menggunakan serangkaian tes, kita bisa tahu apakah anak kita tergolong cerdas dan memiliki IQ tinggi atau tidak.

Menjawab mitos yang beredar, jenius tak ada kaitannya dengan ukuran otak. Namun memang ditemukan fakta bahwa mereka yang memiliki IQ tinggi memiliki area abu-abu lebih luas di otak mereka.

Area ini adalah organ yang berfungsi memproses dan menyimpan informasi, memicu minat dan keingintahuan, memberikan persepsi dan memproses komunikasi.

Beberapa jenius juga dikatakan memiliki area putih lebih aktif di otak mereka. Area ini adalah organ yang mengatur komunikasi antar divisi di dalam otak.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Permen Karet, Meredakan Gerd dan Meningkatkan Memori

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.