Manfaat Kesehatan Permen Karet, Meredakan Gerd dan Meningkatkan Memori

Kompas.com - 20/12/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Mengunyah permen karet ternyata bisa menyehatkan tubuh, begitu kata ilmuwan yang sudah melakukan beragam penelitian.

Permen karet sendiri bukan produk pangan modern. Penelitian sejarah membuktikan bahwa masyarakat kuno pun sudah memiliki jenis permen karet sederhana.

Masyarakat Yunani Kuno akan mengunyah getah pohon mastik yang banyak tumbuh di Yunani. Mereka menggunakan getah pohon tersebut untuk membersihkan gigi.

Melansir dari WebMD, permen karet sudah mengalami perkembangan dari abad ke abad. Permen karet masa kini sudah masuk ke ranah kuliner. Diberi perasa dan pemanis, sehingga menjadi jenis permen yang disukai anak-anak hingga usia dewasa.

Baca juga: Manfaat Menyeduh Teh Hijau di Malam Hari

Manfaat kesehatan permen karet

Permen karet mengandung gum yang bertugas melenturkan makanan, resin yang bertugas menguatkan gum, kalsium karbonat yang memberikan tekstur, pengawet, zat pemanis, dan zat perasa.

Ketika kita mengunyah permen karet, rahang akan aktif bergerak dan memicu produksi air liur. Air liur berguna membunuh bakteri di rongga mulut sehingga kondisi mulut akan lebih sehat dan bebas bau mulut.

Mengunyah permen karet bisa membantu meredakan asam lambung dan meningkatkan memori otak.Unsplash/Adrian Mengunyah permen karet bisa membantu meredakan asam lambung dan meningkatkan memori otak.
Manfaat kesehatan permen karet tak hanya berhenti di rongga mulut saja.

Ketika kita mengunyah permen dan air liur keluar cukup banyak, air liur ini akan tertelan dan membasuh asam lambung yang ada di esofagus. Sehingga imbasnya, gangguan asam lambung atau gerd pun akan reda.

Selain itu, mengunyah permen karet selama 1 jam bisa membakar 11 kalori, sehingga bisa digunakan menstabilkan berat badan.

Nah mengutip Healthline, permen karet juga memiliki manfaat meredakan stres dan meningkatkan memori.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.