Kompas.com - 03/12/2021, 11:30 WIB
Tekanan darah rendah bisa membuat mata berkunang-kunang dan sakit kepala yang disertai kelelahan. Unsplash/Sincerely MediaTekanan darah rendah bisa membuat mata berkunang-kunang dan sakit kepala yang disertai kelelahan.

KOMPAS.com - Hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di bawah ambang batas normal.

Sama seperti hipertensi, hipotensi juga bisa menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu aktivitas.

Gejala dari tekanan darah rendah bisa berupa pandangan kabur, kebingungan atau tak fokus, berkunang-kunang, sakit kepala, lelah, mual, sering merasa haus, napas yang berjalan lamban, serta berkeringat.

Melansir Healhtlinetekanan darah memang bisa berubah-ubah sepanjang hari. Posisi tubuh, adalah salah satu yang bisa mempengaruhi tekanan darah.

Ketika kita bangkit dari tidur secara tiba-tiba, bisa dipastikan tekanan darah akan turun atau drop. Efeknya kita akan berkunang-kunang dengan kepala yang terasa ringan.

Meski tak begitu berbahaya seperti tekanan darah tinggi, namun hipotensi tetap mengganggu aktivitas kita.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengukur Tekanan Darah Menggunakan Tensimeter

Cara menaikkan tensi darah

Tekanan darah rendah juga bisa disebabkan karena faktor pengobatan. Seperti pengonsumsian obat-obatan untuk mengatasi penyakit parkinson, obat-obatan untuk masalah diuretik, dan obat-obatan sejenis viagra.

Untuk menaikkan tekanan darah atau tensi, berikut ini yang bisa Anda lakukan:

1. Perbanyak minum

Perbanyak minum ketika Anda memiliki tensi rendah. Dehidrasi adalah salah satu penyebab tekanan darah turun.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Perbanyak minum ketika Anda memiliki tensi rendah. Dehidrasi adalah salah satu penyebab tekanan darah turun.
Salah satu penyebab tensi rendah adalah kurangnya cairan dalam tubuh karena dehidrasi. Ketika tubuh dehidrasi, maka darah pun akan lebih mengental sehingga aliran darah berjalan lamban.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.