Kompas.com - 19/09/2021, 18:15 WIB
Jangan asal pakai, gunakan tensimeter di waktu yang paling tepat. Unsplash/Mockup GraphicsJangan asal pakai, gunakan tensimeter di waktu yang paling tepat.

KOMPAS.com - Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah di dalam tubuh seseorang.

Mengukur tekanan darah rutin bisa efektif digunakan untuk memantau kesehatan, terutama bagi mereka yang sudah menderita tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.

Tensimeter cukup mudah digunakan. Meski begitu, Anda harus mengetahui kapan waktu tepat untuk mengukur tekanan darah agar hasilnya bisa sangat akurat digunakan menentukan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Baca juga: Berkunang-kunang karena Tekanan Darah Rendah? Segera Lakukan Ini

Waktu terbaik mengukur tekanan darah

Tekanan darah berubah-ubah sepanjang hari. Ketika bangun tidur, tekanan darah akan berada di titik terendahnya, dan akan semakin meningkat seiring aktivitas Anda.

Ilustrasi tekanan darah tinggi pada anak Ilustrasi tekanan darah tinggi pada anak
Jadi untuk mengukur tekanan darah, hendaknya dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari. Dengan begitu, hasil kesimpulan dari pengukuran tekanan darah bisa lebih akurat.

Dilansir dari Healthline untuk mengukur tekanan darah, sebaiknya ambil waktu di mana aktivitas Anda sama dari ke hari dan tak terganggu oleh aktivitas-aktivitas susulan yang bisa terjadi tiba-tiba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Waktu terbaik ini bisa ketika Anda akan berangkat ke kantor, sepulang Anda beraktivitas seharian, dan menjelang tidur malam.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi tekanan darah Anda. Ketika akan menggunakan tensimeter, hindari melakukannya di waktu-waktu seperti berikut ini:

Baca juga: 7 Obat Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Setelah bangun tidur

Beberapa saat setelah bangun tidur, bisa dipastikan tekanan darah Anda dalam level terendahnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.