Kompas.com - 19/09/2021, 17:30 WIB
Kapal selam nuklir AL AS, PCU Virginia (SSN 774). IstKapal selam nuklir AL AS, PCU Virginia (SSN 774).

KOMPAS.com – Australia berencana membangun 8 kapal selam bertenaga nuklir yang akan dibantu oleh Amerika Serikat dan Inggris.

Mengutip dari Kompas.com, 16 September 2021, Washington berencana memberi Australia teknologi dan kemampuan untuk mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir dalam kemitraan yang dibangun ketiga negara itu.

Kemitraan yang dinamakan Aukus itu diumumkan dalam konferensi virtual antara Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan PM Australia Scott Morrison.

"Kita semua menyadari pentingnya memastikan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik untuk jangka panjang," kata Presiden AS Joe Biden.

Terkait dengan rencana pembuatan kapal selam nuklir di Australia ini, kedua negara tetangga Australia yakni Indonesia dan Malaysia merespon rencana tersebut.

Adapun respon Indonesia dan Malaysia adalah sebagai berikut:

Baca juga: Australia Akan Bangun 8 Kapal Selam Nuklir, Apa Dampaknya untuk Indonesia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Respons Indonesia soal rencana kapal selam nuklir Australia

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyampaikan bahwa Indonesia mendorong Australia tetap memenuhi kewajibannya menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan kawasan.

"Indonesia mendorong Australia untuk terus memenuhi kewajibannya untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan di Kawasan sesuai dengan Treaty of Amity and Cooperation," tertulis dalam pernyataan resmi Pemerintah, dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Jumat (17/9/2021).

Selain itu, Indonesia juga menekankan mengenai pentingnya komitmen Australia untuk tetap memenuhi kewajibannya terkait nonproliferasi nuklir.

Lebih lanjut Indonesia merasa prihatin dengan terus berlanjutnya perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer di Kawasan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.