Kompas.com - 03/12/2021, 10:00 WIB
Ketika menuntaskan BAB, hindari membawa koran atau ponsel agar Anda tak terancam kuman dan wasir. Pixabay/Alexas FotosKetika menuntaskan BAB, hindari membawa koran atau ponsel agar Anda tak terancam kuman dan wasir.

KOMPAS.com - Rutinitas pagi sebagian orang yang tak pernah terlewat adalah berlama-lama di dalam toilet, menguras isi perut sembari membaca koran atau bermain ponsel.

Mereka bisa bermenit-menit duduk di dalam toilet. Meski proses buang air besar atau BAB sudah selesai, namun ritual bermain gim atau berselancar di media sosial belum mencapai bosan.

Dilihat sepintas, rutinitas ini seakan aman-aman saja. Paling jauh hanya akan membuat ribut anggota keluarga lain yang mengantre masuk ke dalam toilet.

Padahal menurut penelitian, duduk berlama-lama di dalam toilet bisa membahayakan kesehatan.

Baca juga: Bahaya Perut Buncit, Wanita Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung

Bahaya terlalu lama duduk di toilet

Mengutip Menshealth, gunakan toilet sebagaimana mestinya. Jika tempat tidur untuk tidur, toilet untuk buang air besar dan buang air kecil.

Jadi ketika masuk ke dalam toilet, hendaknya tinggalkan koran, buku atau ponsel Anda.

Penggunaan toilet hendaknya tak lebih dari 10 hingga 15 menit. Begitu buang air besar selesai, keluarlah segera dari toilet dan lakukan aktivitas lain.

Gregory Thorkelson, M.D., dari Departemen Gastroenterologi Universitas Pittsburg, mengatakan bahwa ada bahaya terselubung ketika Anda sengaja membawa ponsel ke toilet.

Waktu untuk BAB yang seharusnya hanya 5 hingga 10 menit saja, bisa molor hingga 30 menit lamanya karena Anda terlena bermain ponsel. Hal ini bisa membahayakan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa mengancam ketika Anda terlalu lama berada di dalam toilet:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.