Kompas.com - 28/10/2021, 20:30 WIB
Mandi malam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Unsplash/Isi ParenteMandi malam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak.

KOMPAS.com - Mandi di penghujung hari dianggap banyak orang sebagai rutinitas harian untuk membersihkan tubuh saja.

Padahal mandi di petang hari, apalagi jika mendekati jam tidur, memiliki banyak manfaat. Tak hanya membersihkan tubuh dari keringat dan kuman saja, namun juga bisa membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Melansir dari Sleep Foundation, mandi sebelum tidur bisa memberi sinyal kepada otak bahwa kini waktu yang tepat untuk beristirahat.

Dari segi kesehatan, mandi sebelum tidur bisa membuat tubuh Anda dalam kondisi bersih bebas kuman dan keringat, sehingga Anda bisa tidur tanpa diganggu gatal dan gangguan penyakit kulit lainnya.

Namun mengenai pengaruh mandi dengan kualitas tidur, ternyata tergantung dari jenis air yang digunakan, apakah air panas atau air dingin.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Harus Mandi?

Manfaat mandi air hangat sebelum tidur

Sebuah studi mendapatkan kesimpulan bahwa mandi air hangat sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, membuat kita mengantuk lebih cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mandi sebelum tidur malam ini bisa dilakukan 30 menit sebelum waktu tidur, atau satu hingga dua jam sebelum tidur.

Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa air hangat bisa mendorong laju aliran darah menuju telapak tangan dan telapak kaki, sehingga membuat panas tubuh terlepas lebih cepat. Ketika panas tubuh terlepas lebih cepat, maka kondisi rileks pun akan lebih cepat didapatkan.

Pada penelitian lain, mandi air hangat juga bisa meringankan gejala flu, sehingga seseorang bisa tidur lebih nyenyak tanpa terganggu hidung tersumbat dan gangguan pernapasan lainnya.

Uap dari air hangat adalah yang bisa melancarkan saluran napas dan membuat gejala flu berkurang sangat signifikan.

Baca juga: Solusi Efektif, Mandi Air Hangat untuk Menurunkan Demam


Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.