Kompas.com - 30/11/2021, 12:30 WIB
Pada perut buncit, lemak visceral atau lemak perut membungkus organ-organ penting seperti hati, lambung dan usus. Unsplash/Towfiqu BarbhuiyaPada perut buncit, lemak visceral atau lemak perut membungkus organ-organ penting seperti hati, lambung dan usus.

KOMPAS.com - Ketika lingkar pinggang Anda lebih dari 35 inci untuk wanita dan lebih dari 40 inci untuk pria, besar kemungkinan Anda sudah menimbun banyak lemak perut dan memiliki perut buncit.

Perut buncit akibat timbunan visceral fat atau lemak yang ada di rongga perut tak hanya mengganggu penampilan dan membuat Anda susah memilih baju dan celana.

Menurut banyak studi, perut buncit juga bisa mengarah ke gangguan kesehatan yang tak main-main.

Melansir dari New York Times, timbunan lemak bisa ada di beberapa area tubuh. Timbunan lemak di lengan dan paha mungkin bisa mengurangi kecantikan, namun mereka tak membahayakan.

Beda dengan timbunan lemak pada perut buncit, yang jika dibiarkan terus menerus bisa memicu demensia, gangguan jantung dan juga kanker.

Perut buncit tak hanya menimpa mereka yang obesitas. Mereka yang berberat badan normal pun bisa menumpuk visceral fat secara berlebihan.

Baca juga: Melangsingkan Perut Buncit dengan Pisang, Begini Caranya

Bahaya perut buncit

Menjelang usia paruh baya, laki-laki biasanya lebih banyak menimbun visceral fat dibanding wanita.

Mengapa perut buncit berbahaya?

Karena visceral fat adalah lemak yang membungkus organ di dalam perut kita seperti hati, lambung dan juga usus. Nah terlalu banyak lemak yang ada, maka kerja organ-organ pun akan semakin terganggu.

Hal inilah yang akan menyebabkan resistensi insulin sehingga muncul pra diabetes, tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, juga membuka peluang tumbuhnya sel-sel kanker.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.