Kompas.com - 29/11/2021, 17:00 WIB
Sejarah atau asal muasal mi terkait dengan dua negara besar, yaitu China dan Italia. Unsplash/Nus95xSejarah atau asal muasal mi terkait dengan dua negara besar, yaitu China dan Italia.

KOMPAS.com -  Jika mengulik sejarah mi, pasti akan terpikir dua negara yang selalu tersohor akan olahan serba mi-nya, yaitu China dan Italia.  

China tersohor dengan olahan mi buatan tangannya, dan Italia tersohor dengan jenis mi yang digunakan mengolah spagheti yang lebih terkenal dengan sebutan pasta.

Baik mi atau pasta, memiliki kemiripan rasa, wujud dan tekstur. Meski keduanya terbuat dari jenis varian gandum yang berbeda.

Selain Italia dan China, bangsa Arab juga pernah mengklaim bahwa olahan ini berasal dan lahir di tanah mereka.

Lantas manakah yang benar?

Baca juga: Sejarah Es Krim dan Perkembangan Variannya dari Tahun ke Tahun

Asal usul mi

Melansir SBS, dalam dunia kuliner ada yang menyatakan bahwa pasta sebenarnya lahir di China. Kemudian terbang ke Italia dan berbagai belahan dunia lain berkat dibawa oleh Marco Polo.

Di tahun 2005 ada sebuah penelusuran yang akhirnya menemukan bukti ditemukannya mangkuk mi purba di situs arkeologi Lajia, China. Mangkuk ini terbukti sudah berusia 4000 tahun lebih.

Dalam tulisan kuliner lain, dikatakan bahwa penemuan tulisan kuno soal mi berasal dari Dinasti Han Timur, yang ada di sekitar tahun 25 dan 220 Masehi.

Jen Lin Liu, penulis kuliner dari Amerika, melintasi jalur sutra untuk menyelidiki asal muasal mi dan pasta.Unsplash/Foodism360 Jen Lin Liu, penulis kuliner dari Amerika, melintasi jalur sutra untuk menyelidiki asal muasal mi dan pasta.
Jen Lin Liu, pemerhati dan penulis kuliner asal Amerika, melakukan perjalanan selama enam bulan di rentang akhir tahun 2010 dan 2011 untuk menemukan sejarah kelahiran mi yang lebih akurat.

Baca juga: Makanan Sejuta Umat, Ini Sejarah Mi Instan

Perjalanan Liu ini terentang dari China hingga Roma. Melewati jalur sutra, dengan menyinggahi Asia Tengah, Iran, Turki, hingga Yunani.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.