Kompas.com - 07/08/2021, 21:15 WIB
Mengulik sejarah es krim yang lahir dari ribuan tahun yang lalu. Unsplash/Kenta KikuchiMengulik sejarah es krim yang lahir dari ribuan tahun yang lalu.

KOMPAS.com - Siapa yang tak suka es krim? Hidangan penutup atau camilan ini hadir dalam beragam warna dan rasa.

Es krim terbuat dari susu, krim, dan berbagai bahan pangan tambahan lain yang digunakan untuk menciptakan rasa yang berbeda-beda. 

Dari tahun ke tahun, es krim mengalami perkembangan yang pesat. Jika sekitar 20 tahun yang lalu kita hanya menemukan es krim rasa vanila, coklat dan stroberi saja, kini es krim hadir dalam puluhan rasa yang semuanya menggoda rongga mulut.

Berbagai bahan pangan yang bisa menciptakan rasa-rasa unik pun bervarian jenisnya, mulai dari buah-buahan hingga kacang-kacangan. 

Lantas tahun berapa kah es krim pertama lahir di dunia? Dan lahir di tangan siapa? Berikut ini adalah sejarah es krim dari masa ke masa.

Baca juga: Sejarah dan Alasan Cheetos dkk Berhenti Diproduksi di Indonesia

Perdebatan soal lahirnya es krim

Ilustrasi es krim buahPIXABAY/ RitaE Ilustrasi es krim buah
Di kamus kuliner dunia, kelahiran es krim atau asal muasal es krim ternyata masih terus menuai perdebatan. 

Beberapa mengatakan es krim lahir di Persia, dan beberapa lagi meyakini es krim sudah hadir di masa kekaisaran Romawi. Yaitu ketika Kaisar Nero memerintahkan rakyatnya mengumpulkan es untuk dijadikan hidangan pencuci mulut.

Dilansir dari Times of India, ada pula beberapa pihak yang meyakini es krim ada sejak Kekaisaran Mongolia, yang kemudian menyebar hingga ke Dataran China. 

Marco Polo sendiri diyakini sebagai orang yang pertama kali mengenalkan kudapan es krim ke Eropa, yaitu ketika ia baru saja pulang dari sebuah kunjungan ke Dataran China.

Di masa lampau, es dari salju hanya digunakan untuk mendinginkan minuman dan mengawetkan bahan makanan seperti daging-dagingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.