Kompas.com - 27/11/2021, 19:30 WIB
Tawon sering masuk rumah untuk mencari mangsa yaitu serangga-serangga kecil. Unsplash/James WainscoatTawon sering masuk rumah untuk mencari mangsa yaitu serangga-serangga kecil.

KOMPAS.com - Tawon adalah binatang predator yang selain memakan nektar mereka juga sering memangsa serangga kecil-kecil juga lalat dan ulat.

Karena keinginan berburu mangsa inilah, tawon sering masuk ke dalam rumah-rumah hunian manusia.

Tawon juga bahkan membangun sarang di atap-atap rumah kita. Beda dengan lebah yang membangun sarang dari kelenjar penghasil lilin di tubuh mereka, tawon membangun sarang dari serat kayu yang mereka kunyah sehingga bercampur dengan air liur mereka.

Tawon tentu saja membahayakan. Mereka memiliki sifat lebih agresif dibanding lebah. Jika merasa terganggu atau terancam, tawon biasanya memanggil kawanan mereka untuk menyerang bersama-sama.

Jadi untuk mencegah tawon masuk rumah dan membuat sarang, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini 4 Perbedaan Lebah dan Tawon

Cara mengusir tawon dari dalam rumah

Jika Anda sering melihat tawon masuk ke dalam rumah, besar kemungkinan tawon sudah bersarang di dekat hunian Anda.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Semprot dengan minyak rempah

Ilustrasi minyak esensial.Dok. SHUTTERSTOCK Ilustrasi minyak esensial.
Riset yang ada dalam Journal of Pest Management Science mengatakan bahwa gabungan antara cengkih, geranium dan minyak sereh efektif digunakan untuk mengusir tawon.

Anda bisa menggabungkan minyak esensial dari ketiganya dalam sebotol air yang sudah diberi sedikit sabun cair. Kemudian semprotkan air ke arah kawanan tawon dan pojok-pojok rumah dan halaman yang digunakan tawon untuk bersarang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.