Bisa Sebabkan Kematian, Ini Pertolongan Pertama Tersengat Tawon Ndas

Kompas.com - 22/11/2019, 19:34 WIB
Foto tawon yang menyerang empat siswa di Kabupaten Garut Pemadam Kebakaran Kabupaten GarutFoto tawon yang menyerang empat siswa di Kabupaten Garut

KOMPAS.com - Korban meninggal akibat tersengat tawon kembali bertambah. "Tersangka" yang menyebabkan beberapa kematian tersebut adalah Vespa affinis atau lebih dikenal sebagai tawon ndas.

Satu dari empat pelajar di Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongong, Kabupaten Garut, Jawa Barat meninggal dunia akibat serangan tawon tersebut.

Sebelumnya, warga Kabupaten Klaten, Lanjarwati dan Warsomo juga meninggal akibat sengatan tawon ndas November ini.

Melansir pemberitaan Kompas.com (11/1/2019), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Nur Khodik berkata bahwa seseorang yang tersengat tawon Vespa affinis dapat meninggal apabila tidak memperoleh penanganan dalam 1x24 jam.

Dr dr Tri Maharani juga menjelaskan bahwa Vespa affinis bukanlah tawon madu, tetapi tawon predator. Jenis tawon ini memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke dalam tubuh manusia.

Pada dosis kecil, yaitu ketika yang menyengat hanya satu atau dua ekor tawon, racun hanya akan menimbulkan alergi saja dengan gejala-gejala seperti bengkak.

Baca juga: Siswa SD di Garut Meninggal, Ini Cara Menghindari Serangan Tawon Ndas

Sementara, apabila tawon yang menyengat adalah dalam jumlah banyak, akan menyebabkan hiperalergi. Oleh karena itu, jika tidak ditangani akan berlanjut menjadi anafileksis hingga sistemik atau merusak organ dalam hitungan hari.

Reaksi Ringan Hingga Sedang

Mengutip dari pemberitaan Kompas.com (11/1/2019), untuk dosis kecil, penanganan dapat dilakukan dengan cara sederhana. Bagian yang bengkak perlu dikompres dengan es. Sementara, jika tersisa sengatannya, bisa dicabut.

Kemudian, pasien diberikan analgesik dan obat-obatan antihistamin atau corticosteroid sampai pembengkakan berkurang.

Melansir dari laman Healthline, untuk sengatan yang tidak terlalu parah, juga dapat digunakan krim hydrokortison atau lotion kalamin untuk meredakan gatal atau iritasi kulit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X