Siswa SD di Garut Meninggal, Ini Cara Menghindari Serangan Tawon Ndas

Kompas.com - 22/11/2019, 17:47 WIB
Ilustrasi tawon ndas atau Vespa affinis KlzTH/ShutterstockIlustrasi tawon ndas atau Vespa affinis

KOMPAS.com - Kasus serangan tawon kembali terjadi. Kali ini, empat orang anak di Garut diserang oleh sekawanan tawon. Akibatnya, tiga orang menderita luka-luka, sedangkan satu anak meninggal dunia.

Kasus serangan tawon ini terjadi setelah sebelumnya, kabar serangan tawon Ndas atau Vespa affinis merenggut nyawa warga Klaten. Lalu bagaimana seharusnya kita bertindak saat diserang tawon?

Berlari

Jika koloni tawon berpikir Anda adalah ancaman bagi mereka, maka koloni tersebut akan mengirimkan beberapa lebah penjaga untuk memperingatkan Anda.

Melansir laman ABC News, jika Anda merasakan peringatan tersebut, segeral lari karena koloni tawon akan langsung menyerang dengan kekuatan penuh.

Untuk itu, jangan ragu dan melawan mereka. Hal ini hanya memberi koloni tawon waktu untuk kembali menyerang dengan kekuatan penuh.

Baca juga: Siswa SD di Garut Dipastikan Meninggal karena Sengatan Tawon Ndas

Jika belum ada serangan tahan napas Anda

Indera utama tawon dan lebah adalah penciuman. Mereka melakukan navigasi melalui bau. Jika belum terdapat serangan langsung, ada baiknya tahan napas Anda.

Cara ini bisa membantu memberi waktu tambahan sebelum serangan sesungguhnya terjadi. Waktu tambahan tersebut bisa Anda gunakan untuk melarikan diri.

Namun, jika koloni tawon sudah menyerang, maka cara ini tidak bisa membantu banyak.

Jangan memukul

Sebagian besar respons orang ketika mengetahui ada lebah atau tawon di sekitarnya adalah langsung mengusir atau menepis. Namun ternyata cara tersebut tidak disarankan.

Ini karena, menepis atau mengusir tawon dengan tangan tidak langsung membuat mereka pergi.

Kawanan itu justru akan merasa terancam, karena, gestur tersebut menandakan jika Anda adalah pemangsa besar yang siap untuk menyerang. Bahkan, tawon merupakan hewan yang rela bangkit bersama koloninya dan membela ratu mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber ABCNews
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X