Kompas.com - 27/11/2021, 17:00 WIB
Jimi Hendrix saat tampil dalam festival musik, Woodstock Music and Art Fair, pada 1969. ENCYCLOPEDIA BRITANNICA / BARRY Z LEVINE—HULTON ARCHIVE / GETTY IMAGESJimi Hendrix saat tampil dalam festival musik, Woodstock Music and Art Fair, pada 1969.

KOMPAS.com - Jimi Hendrix adalah salah satu gitaris paling berbakat yang pernah hadir di panggung musik dunia.

Di tangan Hendrix, gitar bukan hanya sebuah alat musik melainkan medium bagi jiwanya untuk mengungkapkan nada-nada dingin blues atau irama menghentak khas musik rock.

Melansir This Day in Music, kepiawaian Hendrix memainkan gitar tergambar dalam ulasan Coventry Evening Telegraph, yang mengulas aksi panggung sang gitaris kulit hitam itu saat melakukan tur di Inggris bersama Pink Floyd pada 1967.

"Dia (Hendrix) bisa memainkan gitar dengan giginya, sambil telentang di panggung, atau memainkannya di belakang punggung, dan permainannya bahkan lebih baik dibanding gitaris kebanyakan yang memainkan gitar dengan posisi konvensional," demikian ulasan Coventry Evening Telegraph.

 Baca juga: 6 Fakta Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 yang Disebut Lebih Menular

Gitaris kelahiran Seattle

Jimi Hendrix lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada 27 November 1942, di Rumah Sakit King County di Seattle, Amerika Serikat.

Dikutip Kompas.com, 18 September 2020, Hendrix diketahui menjalani masa kecil yang cukup berat. Sang ibu, Lucille, baru berusia 17 tahun ketika ia melahirkan Jimi Hendrix.

Sementara itu, ayahnya, James Allen Ross Hendrix, tidak menyaksikan kelahirannya karena harus mengikuti wajib militer.

Ketika masih anak-anak, Hendrix lebih sering diasuh oleh kerabat atau kenalan ibunya. Lucille sendiri meninggal dunia pada saat Hendrix masih berusia 15 tahun.

Jimi Hendrix adalah anak pertama dari lima bersaudara. Empat adiknya yakni, Leon, Joseph, Kathy, dan Pamela.

Namun, adik-adiknya diadopsi dan dibesarkan oleh orang tua angkat, sehingga mereka tidak tinggal bersama Jimi Hendrix maupun kedua orang tua mereka.

Baca juga: Mengenang 30 Tahun Kematian Vokalis Legendaris Queen Freddie Mercury

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.