Kompas.com - 28/09/2021, 15:30 WIB
Komunitas Pencinta Pahlawan Revolusi melaksanakan kunjungan dan studi sejarah ke Museum Dharma Bhakti Kostrad dalam rangka studi sejarah Pahlawan Revolusi, bertempat di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Sabtu (4/7/2020). kostrad.mil.idKomunitas Pencinta Pahlawan Revolusi melaksanakan kunjungan dan studi sejarah ke Museum Dharma Bhakti Kostrad dalam rangka studi sejarah Pahlawan Revolusi, bertempat di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Sabtu (4/7/2020).

KOMPAS.com - Pembongkaran sejumlah patung di Museum Angkatan Dharma Bhakti, Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Jakarta, ramai diperbincangkan publik.

Patung-patung yang dibongkar itu adalah patung mantan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal (Purn) TNI AH Nasution, mantan Panglima Kostrad Mayjen (Purn) TNI Soeharto, dan mantan Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Inf (Purn) Sarwo Edhie Wibowo.

Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman pun angkat bicara.

Dia mengatakan, pembongkaran patung-patung itu merupakan permintaan dari sang penggagas patung, yakni Pangkostrad ke-34 Letjen TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution.

"Saya hargai alasan pribadi Letjen TNI (Purn) AY Nasution, yang merasa berdosa membuat patung-patung tersebut menurut keyakinan agamanya. Jadi, saya tidak bisa menolak permintaan yang bersangkutan," ujar Dudung, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Dudung juga membantah anggapan yang menyebut penarikan tiga patung tersebut berarti Kostrad melupakan sejarah pemberontakan G30S/PKI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu sama sekali tidak benar," kata dia.

Lantas, seperti apa Museum Dharma Bhakti Kostrad, tempat patung-patung tersebut sebelumnya berada?

Baca juga: Patung Sejarah G30S/PKI Dibongkar, Kostrad: Permintaan Mantan Pangkostrad demi Ketenangan Lahir Batin

Tentang Museum Dharma Bhakti Kostrad

Museum Dharma Bhakti KostradKostrad.mil.id Museum Dharma Bhakti Kostrad

Mengutip Katalog Museum Indonesia yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2018, Museum Dharma Bhakti Kostrad merupakan museum khusus yang gedungnya didirikan pada tahun 1870.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.