Kompas.com - 28/09/2021, 08:30 WIB
Seseorang bisa mengudap sajian manis, makanan berlemak dan serba berminyak, dan bisa tetap memiliki tubuh yang kurus. Unsplash/Icons8 TeamSeseorang bisa mengudap sajian manis, makanan berlemak dan serba berminyak, dan bisa tetap memiliki tubuh yang kurus.

KOMPAS.com - Salah satu ketidakadilan dunia adalah ini, beberapa orang mati-matian menjaga asupan makanannya agar tak obesitas, dan beberapa orang lagi makan dengan rakus dengan tubuh tetap kurus.

Mengapa bisa begitu? Mengapa beberapa orang sepertinya tak pernah terpengaruh oleh kolesterol dan timbunan lemak?

Kathleen Melanson, profesor ahlis nutrisi dan olahan pangan dari Universitas Rhode Island Amerika Serikat, mengatakan bahwa tak ada jawaban ilmiah pasti untuk pertanyaan tersebut.

"Hal ini menyangkut banyak faktor, dari genetika, faktor nutrisi, juga faktor pola hidup yang semuanya terkait dalam hal ini," paparnya, seperti dilansir Live Science

Berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat seseorang nampak terus kurus meski tak pernah terlihat membatasi makan sama sekali.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Diet untuk Usia 40 Tahun

1. Pola makan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak faktor yang melatarbelakangi mengapa seseorang bisa terus kurus tanpa mereka perlu membatasi makan.

Makan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Makan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.
Salah satunya adalah faktor pola makan dan pola hidup. Bisa jadi, mereka yang terus kurus, terlihat makan rakus padahal sebenarnya tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan seperti yang kita kira dan kita lakukan.

Seperti misalnya ketika mereka terlihat sangat menikmati pizza dengan santai, makanan yang penuh keju dan lemak yang bisa menumpuk kolesterol jahat itu.

Bisa jadi, mereka mengonsumsi pizza tersebut secara perlahan-lahan, sehingga ketika otak menerima sinyal kenyang dari perut, mereka pun berhenti makan dengan segera. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.